Penjualan Mobil Listrik Tumbuh, tapi Belum Sentuh Kelas Menengah

Kompas.com - 16/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan bermotor berbasis listrik di Indonesia kini tengah berada dalam perkembangan positif. Sepanjang Januari-Juli 2022, capaiannya sudah melebihi tahun lalu, yakni 4.849 unit.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, kondisi tersebut masih didominasi oleh segmen menengah ke atas. Sementara konsumen kelas menengah ke bawah dengan daya beli Rp 300 juta ke bawah, masih menemui tantangan.

Lonjakan penjualan belum terjadi karena terkait harga jual. Selain itu, porsi pasar otomotif terbesar di Indonesia ada pada kelas menengah.

"Kalau kendaraan listrik bisa dibuat dan dijual dengan kisaran Rp 300 juta ke bawah, tentunya akan mendapat banyak minat. Di GIIAS 2022 kemarin saja, dengan kisaran Rp 300 juta, banyak peminat termasuk yang seri di Surabaya," kata Kukuh dalam webinar bersama Forwot, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Ilustrasi mobil listrik ToyotaCARSCOOPS.com Ilustrasi mobil listrik Toyota

Kukuh berharap, kendaraan listrik bisa segera diproduksi di dalam negeri jadi harga jualnya bisa lebih kompetitif. Mengingat, bahan mentah untuk teknologi terkait sangat melimpah di Indonesia.

Selain itu, infrastruktur juga masih menjadi tantangan industri kendaraan listrik nasional. Sebab, faktor tingginya permintaan jenis kendaraan terkait kini masih jadi pertimbangan konsumen.

Battery electric vehicle (BEV) itu adalah salah satu alternatif teknologi masa depan. Jangan lupa, kita juga punya alternatif lain seperti hybrid,” kata dia.

"Kalau harganya sudah bisa dijangkau konsumen lebih banyak, daya jelajahnya semakin baik, nanti secara alamiah kita harapkan akan tumbuh (permintaan), juga dengan infrastrukturnya," ucap Kukuh.

Baca juga: Begini Tahapan Konversi Motor Listrik Sampai Dapat Surat Resmi

Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf HamkaChristina Hartati Phan Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf Hamka

"Kita juga tahu bahwa raw material kendaraaan listrik ada di sini. Kita harap nikel dan lain sebagainya bisa dikelola di sini (lokal Indonesia) sehingga di 2024 siap diproduksi, dipergunakan untuk kendaraan-kendaraan (listrik) buatan Indonesia," ucapnya lagi.

Diketahui, sektor otomotif merupakan salah satu industri jangka panjang yang sudah melibatkan sampai 1,5 juta total pekerja baik pada industri komponen (tier 1-3), manufaktur, showroom, sampai UMKM-nya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.