Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alvin Bahar, Keluarga Penggila Honda Civic sampai Tiga Generasi

Kompas.com - 22/07/2024, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Pebalap senior Alvin Bahar menceritakan kedekatannya dengan merek Honda. Kecintaan keluarganya pada Honda dimulai sejak era ayahnya yang juga seorang pebalap, Aswin Bahar.

Pebalap tim Honda Racing Indonesia (HRI) ini mengatakan, dia merupakan pemakai Honda baik di dalam sirkuit maupun di luar sirkuit. Alvin mengatakan, suka Honda karena sesuai dengan karakternya.

Baca juga: Awas Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Cikampek Selama 1 Minggu

“Saya merasa jati diri saya adalah seorang pebalap. Keseharian saya walau pakai mobil standar (Honda) tetap bisa mereleksikan pribadi saya sebagai pebalap,” kata Alvin di booth Honda di GIIAS 2024, Minggu (21/7/2024).

 

Avila dan Alvin BaharFoto: Honda Avila dan Alvin Bahar

Alvin bercerita, sejak kecil dia sudah menonton ayahnya balapan. Menariknya, mobil balap ayahnya sama dengan mobil yang ada di rumahnya, yaitu Honda Civic.

Hal itu yang membuatnya punya kedekatan khusus dengan Civic. Alvin mengaku keluarganya punya semua seri Civic kecuali generasi kedua. Karena saking sukanya dengan Civic sampai dijuluki “keluarga Civic.”

“Secara umum, yang saya tahu orang-orang itu mengenal kami Honda Family, tapi tidak sedikit juga yang tahu sejarah kami selama tiga generasi memang menjuluki kami itu Civic Family,” ujar Alvin.

Baca juga: Rekomendasi Jenis BBM untuk Nissan Serena e-Power

“Terutama papa saya. Sejak balap di Honda, tidak cuma balap tapi mobil hariannya juga Honda, dan memang mobil Civic itu selalu ada di garasi kami,” katanya.

 

Alvin dan Avila BaharFoto: Honda Alvin dan Avila Bahar

Kini kecintaan keluarga Bahar terhadap merek Honda sudah masuk ke generasi ketiga. Anak Alvin yaitu Avila Bahar juga merupakan pebalap yang menggunakan mobil Honda.

Prestasi Avila juga tidak sembarangan. Dia merupakan Juara Nasional Indonesia Touring Car Race 1500 tahun 2023, dan ikut Malaysian Championship Series Race Winner -MTC Class 2024.

Sama seperti kakek dan ayahnya, Avila juga penyuka Civic. Pebalap kelahiran tahun 2002 itu sudah mengenal Civic sejak kecil dari ayahnya sehingga tanpa sadar terus melekat sampai jadi pebalap.

Baca juga: Meski Cocok buat Indonesia, Isuzu Belum Mau Bawa Erga EV

 

Avila dan Alvin BaharFoto: Honda Avila dan Alvin Bahar

“Sejak Honda Civic pakai mesin turbo, aku merasakan akselerasinya dari bawah cepat banget jadi suka banget Civic turbo buat harian,” ujar Avila.

Alvin dan Avila kompak mengatakan Honda bukan sekadar merek yang menemani dalam perjalanan hidup keduanya. Honda jadi teman sukses baik di dalam sirkuit sebagai pebalap dan kehidupannya.

“Aku mungkin karena suka sekali dengan motorsport, jadi suka dengan Honda Karena aku tahu Honda merupakan brand yang kompetitif di motorsport, dan banyak banget prestasinya, termasuk di Formula 1,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau