Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Harga BBM Dianggap Jadi Momen Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 16/09/2022, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, yakni Solar dan Pertalite, pada awal September lalu, dinilai menjadi momen bagi masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier mengatakan, selain ramah lingkungan, kendaraan listrik juga lebih efisien.

"Meningkatnya minat masyarakat ke kendaraan rendah emisi juga dapat mengurangi konsumsi BBM dan melakukan diversifikasi energi. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan Indonesia akan harga minyak global," kata Taufiek, dalam keterangan resminya di ajan GIIAS Surabaya, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Begini Tahapan Konversi Motor Listrik Sampai Dapat Surat Resmi

Lebih lanjut Taufiek menjelaskan, Kemenperin mengapresiasi gelaran GIIAS karena telah memberikan informasi dan edukasi soal keunggulan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Menurut Taufiek, dalam ajang pameran di Tangerang pada Agustus lalu, terdapat tren kenaikan yang signifikan dari masyarakat untuk memiliki kendaraan elektrifikasi. Dari hybrid sampai KBLBB.

Hal tersebut terlihat dari terjualnya 1.594 unit kendaraan listrik dengan rincian, 1.274 unit KBLBB dan sisanya hybrid. Jumlah tersebut lebih besar dari penjualan selama satu tahun pada periode 2021.

Lebih lanjut dijelaskan, industri otomotif jadi kontributor utama terhadap sektor industri alat angkut. Saat ini sudah ada 21 perusahaan kendaraan roda empat di Indonesia dengan total investasi Rp 139,37 triliun dengan kapasitas produksi 2.35 juta unit per tahun.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia, Mulai Rp 200 Jutaan

Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.

"Kinerja ekspor industri otomotif Indonesia sampai Juli 2022 mencapai 238.000 unit kendaraan CBU dengan nilai sebesar 2,95 miliar Dollar Amerika Serikat, kemudian ekspor 60.000 set kendaraan CKD dengan nilai sebesar D71,159 juta Dollar Amerika Serikat, dan ekspor 10,27 juta pieces komponen dengan nilai 1,18 miliar Dollar Amerika Serikat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com