Solar Naik, Mobil Diesel Bekas di Semarang Mulai Tak Dilirik

Kompas.com - 16/09/2022, 09:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Torsi besar dan diklaim irit bahan bakar, menjadi salah satu keunggulan mobil bermesin diesel.

Apalagi digunakan perjalanan jauh luar kota. Karena itu, wajar bila harga jual mobil diesel bekas terbilang tinggi. 

Meskipun demikian, dampak dari kenaikan harga Solar ternyta ikut berimbas pada penjualan mobil diesel bekas. 

Baca juga: Masih Ada Pilihan Mobil Diesel Bekas di Bawah Rp 150 Juta di Semarang

Pasar mobil bekas di Kota Semarang mulai membaik. Dengan rata-rata kenaikan penjualan per bulan mencapai 5 persen untuk keseluruhan segmen.

Menurut Marketing Mobil88 Semarang Hidayatus Sholekhah, dalam hitungan tiga bulan terakhir stok mobil diesel bekas kosong. Jika ada tak sampai sehari unit tersebut laku terjual. 

Mobil bekas Innova Reborn Dicky Aditya Wijaya Mobil bekas Innova Reborn

Seiring naiknya harga BBM, utamanya Biosolar, kata Hidayatus, tren penjualan mobil diesel bekas kembali turun. Alasannya, membeli solar sekarang alurnya sulit dan ribet. 

"Beli solar ribet pakai aturan dan ada pembatasan. Konsumen jadi pikir dua kali. Kalau pas BBM murah dan solar gampang pasarannya bagus," kata Hidayatus kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022). 

Pertimbangan itu kemudian jadi keputusan konsumen untuk membeli mobil diesel. Namun hingga sekarang harga jual mobil bekas belum terpengaruh. 

Meski begitu, Hidayatus memprediksi bahwa dalam beberapa bulan ke depan dengan kondisi sekarang penjualan mobil turun. 

Baca juga: Ini Arti Istilah Service Record Saat Beli Mobil Bekas

"Turun tapi tidak begitu banyak. Namun, khusus mobil diesel stok memang kita kurangi. Dalam 3 bulan sebelum harga BBM naik susah cari unit diesel. Pasarannya malah naik, tapi ini setelah harga BBM naik kemungkinan harganya ikut turun," ujarnya. 

Bursa mobil bekas Carsentro Semarang Dicky Aditya Wijaya Bursa mobil bekas Carsentro Semarang

Alfiyan Pemilik Showroom Anugrah Mobil di Area Carsentro Semarang mengatakan, saat ini harga mobil diesel bekas mengalami penurunan. 

Namun, penjualan belum terpengaruh. Harga yang turun, dipengaruhi salah satunya oleh kondisi bursa mobil bekas yang sepi. 

"Sejak harga BBM naik kemarin, kita yakin ada penurunan omzet, tapi untungnya masih bagus. Tapi, soal harga jual memang ada penurunan harga," kata dia. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.