Kompas.com - 06/09/2022, 17:33 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas hingga saat ini masih banyak diminati oleh pasar dalam mencari kendaraan. Harga mobil bekas yang lebih murah dari mobil baru tentunya membuat banyak orang tergiur.

Bahkan kini sudah ada beberapa portal jual beli mobil bekas yang mempermudah calon pembeli untuk memilih secara online.

Baca juga: Alasan Kenapa Vulkanisir Jarang Dilakukan pada Ban Mobil Pribadi

Kendati ada banyak pilihan, beberapa pedagang jual beli mobil bekas kerap membuat bingung calon pembeli dengan istilah yang digunakan. Salah satunya yaitu mobil bekas dengan service record.

Lalu apa itu istilah service record dalam mobil bekas?

“Ini adalah historical service kendaraan, khususnya yang dilakukan di bengkel resmi. Dan tercatat lengkap di buku servis kendaraan,” kata Bayu, salah satu staf dari diler mobil bekas Mobil88 kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).


Saat membeli mobil bekas, calon pembeli tentunya harus mengetahui seluk-beluk dari mobil di masa sebelumnya.

Mulai dari mesin dan juga riwayat lainnya apakah mobil pernah melakukan perbaikan pada bagian tertentu harus diketahui sebagai pertimbangan.

Bursa mobil bekas Carsentro Semarang Dicky Aditya Wijaya Bursa mobil bekas Carsentro Semarang

Meski penjualan menyebut mobil bekas tersebut dalam keadaan baik, namun dengan service record tentunya akan membuat calon pembeli bisa dengan mudah mengetahui apakah mobil dalam kondisi baik atau tidak.

Baca juga: Harga City Car September 2022, Termurah Suzuki S-Presso

Dari data yang tercatat bisa melihat rekam jejak kondisi mobil. Bayu menyarankan agar calon pembeli mobil bekas harus memastikan membeli dari orang atau pihak yang terpercaya.

“Pastikan pula apakah nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan dokumen kendaraan tersebut,” kata Bayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.