Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Ketahui Ciri Toyota Fortuner yang Sudah VNT

Kompas.com - 23/04/2024, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Toyota Fortuner sudah mengaspal di Indonesia sejak 2005. Sejauh ini terdapat dua generasi dengan beberapa facelift.

Berbagai pengembangan baik dari segi desain, spesifikasi serta fitur yang disematkan. Seperti yang terjadi pada Fortuner generasi pertama sempat dilakukan facelift dengan penambahan fitur cukup berbobot.

Pada Fortuner generasi pertama terdapat dua jenis yakni facelift dan belum. Selain tampilan rupanya keduanya memiliki perbedaan spesifikasi cukup besar terkait dapur pacunya.

Baca juga: Toyota Fortuner Zig-zag Saat Menanjak, Seharusnya Tidak Perlu


Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo, mengatakan Fortuner generasi pertama ada dua jenis yakni yang sudah dilengkapi variable nozzle turbocharger (VNT) dan belum.

“Meski menjadi mobil tua karena sudah ada sejak 2005 mobil ini tetap diburu oleh masyarakat, khususnya yang tipe VNT yang meluncur mulai tahun 2012, pasalnya ada kenaikan torsi cukup besar berkat fitur tersebut,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan dari sisi performa terdapat perbedaan cukup jauh antara Fortuner lama dengan turbo biasa dengan yang sudah pakai VNT. Rekayasa aliran gas buang ini dapat menghilangkan fenomena turbo lag pada putaran awal atau rendah.

Baca juga: Belajar dari Kasus Sopir Fortuner Arogan, Jangan Takut dengan Mobil Berpelat Dinas...

Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan sporty.Tangkapan layar Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan sporty.

“Bagi masyarakat yang hendak membeli Fortuner VNT tidak perlu bingung, karena untuk membedakannya dengan yang biasa cukup mudah, yakni dengan melihat di area kap mesin” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan pada Fortuner VNT terdapat lubang udara di atas kap mesinnya sehingga bisa menjadi ciri khas. Selain tampak lebih gagah, bagian tersebut merupakan komponen yang diunggulkan.

“Lubang udara itu merupakan intercooler sebagai pelengkap sistem turbo, sehingga udara menjadi tetap dingin meski bekerja di area yang panas, sehingga udara tetap padat,” ucap Muchlis.

Baca juga: Acungi Jempol Perekam Sopir Fortuner Arogan yang Mengaku TNI, Pakar: Penyintas yang Berani Melawan Inferioritas

Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan keren.Tangkapan layar Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan keren.

Fortuner VNT juga dibekali emblem di bagian belakang sehingga bisa jadi pembeda, namun terkait emblem Muchlis mengatakan terkadang bisa dipasang atau dibeli di toko variasi.

Jadi, konsumen bisa membedakan Fortuner VNT dan bukan dari peletakkan komponen intercooler-nya yakni di bagian atas atau terdapat lubang udara di kap-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com