Lexus Dukung Mobil Dinas Harus BEV, Siap Hadirkan Produk Lain

Kompas.com - 15/09/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tentang instansi pemerintah untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai mulai tahun ini.

Hal ini merupakan upaya pemerintah mempercepat penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai nasional. Selain itu, sejalan dengan tujuan net zero emission di 2060.

Menanggapi kebijakan tersebut, Lexus yang merupakan salah satu ATPM yang menjual mobil listrik di Indonesia menyambut dengan baik.

Baca juga: Alasan Lexus Belum Pasarkan RX Hybrid di Indonesia

"Sesuai dengan visi elektrifikasi Lexus yang berkomitmen dalam menghasilkan Zero Waste dan menciptakan Sustainability. Lexus telah menyediakan pilihan kendaraan yang beragam, mulai dari Battery EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Hybrid EV sebagai jaminan di masa depan untuk mencapai netralitas karbon," ucap Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia kepada KOMPAS.com, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, visi tersebut sejalan dengan program Pemerintah Indonesia yang mau menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Selain itu, produk BEV dari Lexus yakni UX 300e, memang dipersembahkan untuk mengurangi emisi gas buang.

"Lexus telah mempersembahkan model ini sebagai salah satu mobil listrik yang akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Harapannya model ini dapat menjadi representasi dari visi elektrifikasi dan komitmen Lexus Indonesia untuk turut mendukung program pemerintah," ucap Bansar.

Baca juga: Pemerintah Gencarkan Penggunaan BEV, Bagaimana Nasib Mobil Hybrid?

"Kedepannya, Lexus juga akan terus berinovasi untuk menghadirkan model-model Battery EV lainnya demi memenuhi gaya hidup para pelanggan kami yang beragam," kata Bansar.

Sebelumnya, di 2021 akhir Toyota Motor Corporation melakukan presentasi mengenai Lexus yang akan berubah jadi merek elektrifikasi. Saat itu, ditampilkan empat produk Lexus yang sudah electric dan berbasis baterai.

"Lexus akan berevolusi menjadi merek yang berfokus pada BEV,” kata Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Pada acara tersebut, tiga mobil konsep Lexus terdiri dari sport car, sedan, dan SUV yang cukup besar ukurannya. Nantinya di 2030, lini produk Lexus semuanya BEV dan sales 100 persen BEV di Eropa, Amerika Utara dan China dengan total 1 juta unit secara global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.