Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Dukung Mobil Dinas Harus BEV, Siap Hadirkan Produk Lain

Kompas.com - 15/09/2022, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tentang instansi pemerintah untuk menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai mulai tahun ini.

Hal ini merupakan upaya pemerintah mempercepat penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai nasional. Selain itu, sejalan dengan tujuan net zero emission di 2060.

Menanggapi kebijakan tersebut, Lexus yang merupakan salah satu ATPM yang menjual mobil listrik di Indonesia menyambut dengan baik.

Baca juga: Alasan Lexus Belum Pasarkan RX Hybrid di Indonesia

"Sesuai dengan visi elektrifikasi Lexus yang berkomitmen dalam menghasilkan Zero Waste dan menciptakan Sustainability. Lexus telah menyediakan pilihan kendaraan yang beragam, mulai dari Battery EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Hybrid EV sebagai jaminan di masa depan untuk mencapai netralitas karbon," ucap Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia kepada KOMPAS.com, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, visi tersebut sejalan dengan program Pemerintah Indonesia yang mau menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Selain itu, produk BEV dari Lexus yakni UX 300e, memang dipersembahkan untuk mengurangi emisi gas buang.

"Lexus telah mempersembahkan model ini sebagai salah satu mobil listrik yang akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Harapannya model ini dapat menjadi representasi dari visi elektrifikasi dan komitmen Lexus Indonesia untuk turut mendukung program pemerintah," ucap Bansar.

Baca juga: Pemerintah Gencarkan Penggunaan BEV, Bagaimana Nasib Mobil Hybrid?

"Kedepannya, Lexus juga akan terus berinovasi untuk menghadirkan model-model Battery EV lainnya demi memenuhi gaya hidup para pelanggan kami yang beragam," kata Bansar.

Sebelumnya, di 2021 akhir Toyota Motor Corporation melakukan presentasi mengenai Lexus yang akan berubah jadi merek elektrifikasi. Saat itu, ditampilkan empat produk Lexus yang sudah electric dan berbasis baterai.

"Lexus akan berevolusi menjadi merek yang berfokus pada BEV,” kata Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation.

Pada acara tersebut, tiga mobil konsep Lexus terdiri dari sport car, sedan, dan SUV yang cukup besar ukurannya. Nantinya di 2030, lini produk Lexus semuanya BEV dan sales 100 persen BEV di Eropa, Amerika Utara dan China dengan total 1 juta unit secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com