Kompas.com - 12/09/2022, 17:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comMax Verstappen semakin dekat untuk meraih titel Juara Dunia F1 di musim balap 2022, usai kembali menang di GP Monza pada Minggu (11/9/2022).

Total sudah sebelas kemenangan diperolehnya, bahkan 5 kali tanpa henti naik ke puncak podium kemenangan pada musim ini.

Kemenangan yang diraih di GP Monza memperkokoh posisi Verstappen di puncak klasemen sementara Juara Dunia F1 2022, dengan mengantongi 335 poin, unggul 116 poin dari rivalnya di posisi kedua.

Baca juga: Luhut Ingin Percepat Peralihan Penjualan Kendaraan Bermotor ke Listrik

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, beraksi di ajang F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (11/9/2022).AFP/CIRO DE LUCA Pebalap Red Bull, Max Verstappen, beraksi di ajang F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Minggu (11/9/2022).

“Pada lap awal saya harus berhati-hati, start yang mulus dan tak ada kendala lewati tikungan pertama, serta paling penting tak terlibat masalah,” ujar Verstappen, dalam keterangan tertulis (12/9/2022).

Pebalap asal Belanda ini menegaskan secara keseluruhan kemampuan mobil balap RB18 sepanjang pekan ini, terutama saat balapan, performanya sangat kuat.

“Laju mobil sangat bagus di setiap penggunaan ban dan kita sangat nyaman melesat di sirkuit ini. Anda harus mencoba tampil sesempurna mungkin di tempat sekeren ini, sejauh ini kita tampil bagus,” kata dia.

Baca juga: Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan di DKI Jakarta?

Adapun rekan setimya, Sergio Perez, berada di posisi tiga dengan total 210 poin. Sergio Perez yang diharapkan bisa bergabung di podium bersama Verstappen, sayangnya alami kendala di bagian rem kanan yang terbakar.

Bahkan membuat ban tidak rata, mengakibatkan vibrasi dan ini tentunya memengaruhi kecepatan mobil. Meski alami kendala, Perez sempat torehan waktu tercepat saat balapan 1:24,030 detik.

“Pada lap awal gunakan ban kompon keras tak ada kendala temperatur, karena saya harus sudah angkat gas dan meluncur. Banyak kehilangan waktu tapi masih bisa dikompromi. Akibat insiden itu memengaruhi jalannya balapan dan harus menjaga penggunaan ban,” ucap Perez.

Baca juga: Mercedes-Benz Hearse, Mobil Pengangkut Jenazah Ratu Elizabeth II

Pebalap Red Bull, Max Verstappen, tampil dominan di Sirkuit Monza pada ajang F1 GP Italia 2022, Minggu (11/9/2022).AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Red Bull, Max Verstappen, tampil dominan di Sirkuit Monza pada ajang F1 GP Italia 2022, Minggu (11/9/2022).

Sementara itu, Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara, mengatakan, kemenangan Max Verstappen menunjukkan kemampuannya sebagai pebalap terbaik Tim Red Bull Racing.

Selain Verstappen, menurut Sri Adinegara, Sergio Perez juga tampil maksimal meski berbagai kendala dihadapi.

“Masih ada enam seri lagi, dan kita nantikan keseruannya di Singapura, semoga saja Verstappen bisa tampil impresif dan mempersembahkan kemenangan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.