Mercedes-Benz Hearse, Mobil Pengangkut Jenazah Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 12/09/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Peti jenazah mendiang Ratu Elizabeth II telah dibawa oleh Mercedes-Benz Hearse, meninggalkan Kastil Balmoral, Skotlandia, pada pukul 10.07 waktu setempat (0907 GMT) atau pukul 16.06 WIB, Minggu (11/9/2022).

Bersama rombongan pembawa peti jenazah yang terdiri dari tujuh mobil merek Range Rover, mendiang Ratu Elizabeth II akan dibawa ke Edinburgh melalui perjalanan darat, ke kota-kota dan desa-desa Skotlandia, selama enam jam dengan jarak 290 km.

Setelah rangkaian tersebut, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II akan diterbangkan ke London untuk pemakaman, Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata, Banyak Bus Tidak Laik Jalan dan Tetap Beroperasi

Mobil penghantar mendiang Ratu Elizabeth IIdok.AFP Mobil penghantar mendiang Ratu Elizabeth II

Menariknya, sebagaimana dilihat dari cuplikan video dan gambar kantor berita AFP, selama prosesi mobil utama yang digunakan sebagai pengangkut jenazah ialah merek Mercedes-Benz model E limosin Hearse. 

Padahal diketahui, mendiang Ratu Elizabeth II sangat nasionalis tak terkecuali soal kendaraan. Dalam garasi pribadinya saja, ia memiliki sederet koleksi mobil dari pabrikan Inggris seperti Bentley, Rolls-Royce, Range Rover, sampai Jaguar.

Namun terlepas itu semua, tunggangan terakhir yang dipilih itu memang sangat mumpuni untuk menuntaskan seluruh rangkaian prosesi pemakaman kerajaan yang cukup panjang dengan tingkat keamanan dan kenyamanan tinggi.

Mengingat, mobil ini memiliki berbagai fitur kekinian yang canggih juga lengkap, seperti terdapat penghangat kursi pada seluruh kursi bagian depan, penghangat di kaca bagian belakang, pengatur suhu, serta pengaturan suspensi independen sesuai kebutuhan.

Mobil ini diproduksi dari basis T13 Mercedes-Benz E-Class 220 CDI, bermesin 2.1 L diesel turbo dengan standar Euro 6. Tenaga yang dihasilkan 125 kW pada 3.000 rpm dan torsi 400 Nm pada 1.400 rpm disalurkan lewat transmisi 7 percepatan otomatis.

Hearse ini juga dilengkapi suspensi nyaman karena memakai sistem independent AIRMATIC all around di tiap roda.

Kemudian juga ada fitur cruise control, keyless start, dan lainnya yang membuat Mercedes-Benz Hearse memiliki keamanan tingkat tinggi, bernuansa mewah, tapi tetap tampak sederhana.

Khusus pada mobil penghantar jenazah Ratu Elizabeth II ini, juga ada pengembangan lain yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan selama perjalanan. Namun, apa penyesuaian yang dilakukan oleh Coleman Milne, tak disebutkan secara rinci.

Baca juga: Satlantas Surabaya Terapkan ETLE dengan Kamera Ponsel

Mobil penghantar mendiang Ratu Elizabeth IIdok.AFP Mobil penghantar mendiang Ratu Elizabeth II

Hanya disebutkan bahwa mobil sudah tersedia dengan varian elektrik (plug-in hybrid electric vehicle) yang dibenamkan transmisi 9G Tronic plus automatic gearbox dan adaptive braking system with HOLD function.

Adapun secara dimensi, mobil memiiki panjang 5.999 mm, lebar 2.065 mm, dan tinggi 1.468 mm. Sehingga walau sudah dimasukkan peti jenazah, dipastikan kursi tengahnya masih cukup lapang untuk ditempati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.