Kenapa Filter Udara yang Kotor Bikin Motor Boros BBM?

Kompas.com - 05/08/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Filter udara sepeda motor berfungsi menyaring udara masuk sebelum terhisap ke ruang bakar. 

Debu dan kotoran yang menyumbat filter, dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros imbas performa mesin yang berat.

Untuk itu, bila filter udara sudah dalam kondisi kotor, baiknya pemilik langsung mengambil tindakan, baik membersihkan atau mengganti yang baru.

Baca juga: Kenapa Biaya Custom Motor Injeksi Lebih Mahal dari Karburator

Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Semarang Rofiudin mengatakan, filter udara yang terhalang kotoran bisa berdampak pada penurunan performa mesin. Kondisi tersebut berujung pada tarikan yang berat dan bahan bakar lebih boros. 

Test ride Honda Genio terbaruKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Genio terbaru

Perangkat ECU pada motor medern akan menyesuaikan campuran udara dan bahan bakar yang ideal. Udara yang sedikit berdampak pada pasokan bensin yang lebih banyak. 

"Filter udara yang bersih, pasokan bensin dan udara ke ruang bakar mesin pasti seimbang. Kalau sudah banyak kotoran, celah masuk udara terhambat," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022). 

Rofi melanjutkan, indikasi filter udara motor yang mulai kotor bisa dirasakan dari tarikan mesin yang berat, terutama saat akan berakselerasi. 

Membiarkan filter udara yang kotor dan menumpuk pada filter, lama-kelamaan bisa membuat debu terhisap ke throttle body

Baca juga: Sepeda Motor Boros Bensin, Ini Pemicunya

Filter udara sepeda motorDicky Aditya Wijaya Filter udara sepeda motor

"Kalau kotoran yang menumpuk di filter terhisap intake ruang bakar, dampaknya bisa hampir sama seperti ngelitik, tenaga tidak bisa loss," kata dia lagi.

Senada, Kepala Bengkel Malam Shokibul mengatakan, filter udara yang kotor bisa mempengaruhi tarikan mesin. 

"Proses pembakaran di ruang bakar jadi tidak maksimal dan performa motor berkurang, tarikan mesin menjadi berat karena kurangnya asupan udara bersih," ujar Shokib. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.