Dovizioso Memutuskan Pensiun Setelah MotoGP San Marino

Kompas.com - 05/08/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso menjadi pebalap paling senior di MotoGP setelah Valentino Rossi pensiun. Namun, belum lama ini dia juga memutuskan untuk mengambil langkah yang sama.

Kontrak Dovizioso dengan Yamaha masih sampai akhir musim ini. Tapi, pebalap asal Italia tersebut memutuskan untuk pensiun secepat mungkin.

Dovizioso tidak akan menunggu sampai musim ini selesai. MotoGP San Marino nantinya akan menjadi balapan terakhir sekaligus momen perpisahan baginya.

Baca juga: Dovizioso Sebut Karier Aleix Espargaro Mirip dengan Dirinya

"Tentu saja, kami sedih bahwa Andrea akan meninggalkan olahraga ini lebih awal dari perkiraan. Dia adalah nama besar di MotoGP dan dia akan dirindukan di paddock," ujar Team Princial Monster Energy Yamaha Lin Jarvis, dalam keterangan resminya, Jumat 5/8/2022).

Pebalap tim WithU Yamaha RNF MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso berkompetisi selama sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).AFP/BAY ISMOYO Pebalap tim WithU Yamaha RNF MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso berkompetisi selama sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).

Jarvis menambahkan, Yamaha beruntung Dovizioso mau bergabung dengan tim satelit untuk menggantikan Franco Morbidelli pada akhir-akhir musim lalu.

"Sayangnya, Andrea harus kesulitan untuk mendapatkan potensi maksimum dari M1 dan hasilnya tak kunjung datang, di mana ini menciptakan rasa frustrasi bagi Andrea yang bisa dipahami. Akhhirnya, pada libur musim panas, dia mengonfirmasi pada kami keinginannya untuk pensiun sebelum akhir musim," kata Jarvis.

Baca juga: Andrea Dovizioso Siap Pensiun, Musim Ini Jadi Momentum Perpisahan

Dovizioso mengatakan, dirinya sangat berterimakasih pada Yamaha. Sayangnya, MotoGP sudah berubah drastis pada beberapa tahun belakangan ini.

Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

Situasinya sangat berbeda, dia merasa tidak pernah nyaman berada di atas motor. Meskipun, Yamaha dan timnya sudah memberikan pertolongan terus menerus.

"Hasilnya negatif, tapi terlepas dari itu, saya tetap menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang sangat penting. Ketika ada banyak sekali kesulitan, Anda harus tetap memiliki kemampuan untuk mengatur situasi dan emosi dengan baik," ujar Dovizioso.

Baca juga: Dovi Sebut Yamaha Fokus Puaskan Quartararo

Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

Dovizioso menambahkan, hubungan dirinya dan Yamaha serta tim serta mekanik juga tetap baik dan profesional. Semua yang terlibat dianggapnya sudah positif dan membangun.

"Untuk semua ini dan dukungan mereka, saya berterimakasih pada Yamaha,, RNF Racing Team, WithU, dan sponsor lainnya yang terlibat dalam proyek ini. Ini tidak berjalan sesuai yang kita harapkan, tapi tidak salah untuk dicoba. Petualangan saya akan berakhir di Misano, tapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan bertahan selamanya," katanya.

Selanjutnya, posisi Dovizioso akan digantikan oleh test rider Yamaha, yakni Cal Crutchlow.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.