Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesialis Baterai Jerman Gabung Konsorsium 4 Pabrikan Motor Listrik

Kompas.com - 04/08/2022, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2021 empat pabrikan sepeda motor yaitu Honda, Yamaha, KTM, dan Piaggio, membentuk konsorsium baterai motor listrik model tukar pakai atau swap agar bisa dipakai lintas merek.

Konsorsium tersebut terus bergerak dan kini punya anggota baru yaitu Swobbee. Perusahaan rintisan asal Berlin, Jerman, untuk mengembangkan peralatan dan infrastruktur yang kompatibel guna mendukung tren elektrifikasi.

Baca juga: Upaya Penertiban Pajak, Korlantas Usul Penghapusan Biaya Balik Nama

Tugas Swobbee dalam proyek ini yaitu untuk mengembangkan baterai yang dapat digunakan oleh semua produsen yang ikut dalam konsorsium tersebut di semua motor listrik yang nanti diproduksi.

PCX ElectricFoto: Istimewa PCX Electric

Swobbee berevolusi dari perusahaan bernama GreenPack, yang awalnya memproduksi desain baterai yang terstandarisasi dan portabel, untuk digunakan di beberapa EV dan peralatan listrik kecil lainnya.

Pendiri dan kepala pemasaran Swobbee, Tobias Breyer, mengatakan, yakin ke depan pihaknya dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk konsorsium di bidang pengembangan baterai isi ulang.

"Dengan banyak kendaraan dan berkinerja tinggi dengan pengalaman praktis kami selama bertahun-tahun di bidang infrastruktur pertukaran baterai dan konfigurasi sistem teknologi baterai," kata Tobias Breyer mengutip Rideapart, Kamis (4/8/2022).

Baca juga: Keuntungan Pakai Teknik Eco Riding Saat Berkendara Motor Listrik

Swobbee berharap saat nanti konsorsium ini tumbuh dan gerakannya mulai terlihat maka dapat menarik produsen lain untuk bergabung. Karena tujuannya ialah menyeragamkan baterai dan sistem infrastruktur pengisian daya.

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

"Segera setelah proses pengembangan selesai dan sistem baterai baru mulai diproduksi, Swobbee akan menawarkan infrastruktur pertukaran yang kompatibel," kata CEO dan salah satu pendiri Swobbee Thomas Duscha.

Dibanding empat pabrikan motor yang lain Swobbee merupakan perusahaan kecil, tapi disebut justru yang memiliki peluang paling besar dan merasakan keuntungan ketika teknologi baru muncul.

“Swobbee akan menjadi stasiun pertukaran terkemuka untuk kendaraan listrik kecil,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com