Kompas.com - 04/08/2022, 20:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu kabin bus biasanya dinyalakan saat penumpang masuk dan sebelum bus berjalan.

Namun ketika sudah mulai melakukan perjalanan, lampu kabin akan dimatikan oleh pengemudi dan diganti dengan lampu yang lebih redup. 

Ritual mematikan lampu kabin kerap menjadi tanda tanya, padahal kondisi tersebut bukan tanpa sebab dilakukan. 

Baca juga: Susunan Bangku Bus Kota dengan Antar Kota Dibuat Berbeda

Kabin Bus AKAP baru PO PrimadonaDOK. NEW ARMADA Kabin Bus AKAP baru PO Primadona

Hariyadi, pengemudi dari PO Raya mengatakan, sebenarnya ada dua alasan kenapa lampu kabin bus pasti dimatikan saat bus berjalan, yakni kenyamanan pengemudi dan penumpang.

"Pertama, lampu kabin kalau tetap menyala akan mengganggu sopir karena silau," ucap Hariyadi kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Walaupun posisi pengemudi jauh ada di depan kabin, lampu yang menyala tetap mengganggu pandangan saat menyetir di malam hari. Lalu, lampu yang dimatikan juga mempertimbangkan kenyamanan penumpang.

Baca juga: Proses Penghapusan Data STNK, Bukan Sekadar 2 Tahun Tunggak Pajak


"Penumpang enggak nyaman kalau terang. Penumpang nyaman saat kabin remang-remang kalau malam, buat istirahat," kata Hariyadi.

Biasanya lampu kabin kembali dinyalakan saat bus berhenti atau beristirahat. Pada saat itu, penumpang bisa turun dari bus dengan aman karena cahaya yang cukup.

Sedangkan saat jalan, apalagi malam hari, penumpang tentu ingin beristirahat. Jadi lampu kabin yang terang diganti dengan yang lebih redup dan nyaman di mata, terutama saat gelap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.