Kenapa Biaya Custom Motor Injeksi Lebih Mahal dari Karburator

Kompas.com - 04/08/2022, 20:51 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Tren custom sepeda motor hadir melengkapi kebutuhan para penggemar kendaraan roda dua. 

Biasanya, modifikasi atau custom menjadi pilihan untuk memiliki kendaraan impian mengikuti kebutuhan atau selera pemiliknya. 

Soal biaya cukup beragam, tergantung dari tingkat kerumitannya, serta komponen-komponen yang digunakan.

Belum lagi bicara soal harga membangun motor custom dengan sistem injeksi, alias motor baru yang saat ini beredar. Benderolnya dipastiakn lebih mahal dari jenis motor karburator. 

Baca juga: Benar atau Tidak Ganti Knalpot Racing Bikin Mobil Boros BBM?

Andi Akbar, punggawa Katros Garage mengatakan, motor injeksi memiliki sistem komputerisasi pada bagian speedometer sehingga lebih sulit di custom jika dibandingkan dengan karburator.

“Motor jenis ini tidak punya keran bensin jadi pakai komputerisasi. Ada juga beberapa motor injeksi yang kalau speedometer asli dicabut tidak mau menyala motornya,” kata pria yang akrab disapa Atenk, kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Pada bagian dalam tangki bahan bakar motor injeksi terdapat komponen yang menyerupai pompa air.

Bahkan, ukuran komponen tesebut tidak kecil. Maka dari itu, jika harus dibuat tangki yang mengikuti ukuran pompa.

Motor custom XSR 155 Infinite Dirt Bike kreasi DM Work Motorcycle.Foto: Yamaha Motor custom XSR 155 Infinite Dirt Bike kreasi DM Work Motorcycle.

“Itu yang bikin bengkel-bengkel kesulitan, biasanya kalau bikin tangki motor custom dimensinya jadi lebih kecil dan aneh-aneh ukuran serta bentuknya," ujar Atenk

"Namun dengan tangki yang menyesuaikan pompa tersebut jadi tidak bebas, dan bikin pembuatnya harus mikir lagi,” katanya.

Baca juga: Total Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Ternyata Masih Mahal

Maka dari itu, Atenk menyarankan, bagi pemilik motor injeksi yang ingin melakukan custom pakai tangki bahan bakar bawaan pabrikan saja.

Motor custom Yamaha XSR 155 bergaya Skinny Clubstyle garapan Kedux GarageDok. YIMM Motor custom Yamaha XSR 155 bergaya Skinny Clubstyle garapan Kedux Garage

Dengan demikian bisa menekan anggaran custom motor injeksi agar tidak terlalu merogoh kocek dalam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.