Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bebek Retro Cocok buat Bahan Restorasi

Kompas.com - 13/07/2022, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Menghidupkan" kembali motor lawas bisa jadi cara untuk menekan populasi motor baru. Namun, ini sifatnya hobi dan hanya dilakoni oleh sebagian orang.

Salah satu tren restorasi yang kembali dilirik ialah bebek retro alias bebek zaman dulu. Ada dua yang biasa jadi mainan penyuka motor lawas, yaitu model 4-tak dan 2-tak.

Baca juga: Daftar Harga Kia Picanto Bekas, Mulai Rp 50 Jutaan

Bebek retro 4-tak saat ini paling banyak di jalan, mayoritas datang dari merek Honda dengan berbagai varian mulai dari C70, C700, C800, Astrea Star/Prima, Astrea Grand, hingga turunannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ???????????????????????????????????????? (@retro.polis)

Adapun bebek retro 2-tak mayoritas datang dari merek Yamaha, salah satu yang jadi incaran ialah Alfa dan Champ. Suzuki lebih sedikit lagi populasinya alias rare karena unitnya tidak terlalu banyak.

Irfan dari bengkel Retropolis yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur, mengatakan, populasi bebek retro sebetulnya masih cukup banyak untuk dijadikan bahan restorasi.

Tren restorasi bebek retro alias bebek jadul.Foto: Retropolis Tren restorasi bebek retro alias bebek jadul.

"Jumlah motor seperti ini sebetulnya masih banyak di Indonesia, tapi banyak kondisinya sudah tidak layak pakai karena faktor usia. Nah, mencari kondisi yang masih bagus lumayan sulit," katanya kepada Kompas.com, Selasa (13/7/2022).

Irfan mengungkapkan, penggemar motor bebek tua terutama 2-tak merupakan sarana buat mengenang tempo dulu. Sebab, di zamannya motor ini cukup terkenal.

Baca juga: Bahaya Lewat Bahu Jalan Tol dan Minimnya Kesadaran Pengemudi

"Karena itu, dengan adanya bengkel seperti retropolis itu membantu untuk para pencinta motor untuk bisa mengenang masa mudanya, yang dulu mungkin tidak terbeli dan sekarang sudah sukses bisa beli," kata dia.

Tren restorasi bebek retro alias bebek jadul.Foto: Retropolis Tren restorasi bebek retro alias bebek jadul.

Untuk biaya restorasi motor bebek 2-tak lebih mahal ketimbang 4-tak. Alasannya, kata Irfan, suku cadang motor bebek 2-tak lebih sulit dicari. Bahkan, imitasinya pun lebih sulit.

"Kalau spareparts lebih sulit Yamaha. Spareparts ada dua, imitasi baru dan original. Kalau buat Honda masih banyak, kalau untuk Yamaha tidak banyak, apalagi yang original," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com