Bahaya Lewat Bahu Jalan Tol dan Minimnya Kesadaran Pengemudi

Kompas.com - 12/07/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahu jalan menjadi salah satu area yang berbahaya di jalan tol. Padahal, fungsinya adalah untuk kendaraan yang berhenti darurat, atau kendaraan prioritas yang hendak melintas.

Namun, masih banyak pengguna jalan tol yang abai terhadap hal tersebut dan tetap menggunakan bahu jalan walaupun tidak dalam keadaan darurat.

Seperti rekaman yang beredar di media sosial baru-baru ini, diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia pada Selasa (12/7/2022). Satu unit mobil Toyota Innova melaju lewat bahu jalan tol dengan kecepatan tinggi.

 Baca juga: SWDKLLJ di STNK, Berguna Saat Pengendara Mengalami Kecelakaan

Saat melaju, mobil tersebut hampir menabrak petugas kebersihan jalan tol yang sedang berada di area bahu jalan tol tersebut.

Padahal, terlihat dalam rekaman tersebut kondisi lalu lintas sedang lengang dan ada lajur-lajur lain yang masih bisa dilalui dengan kecepatan normal.

"Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi akibat kebodohan para pengemudi yang tidak tertib aturan," ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/7/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Baca juga: Bos PO Haryanto Ditegur di Terminal Tirtonadi, Ini Aturan Bikin Video di Terminal

Sony menekankan bahwa bahu jalan tidak dipakai untuk mendahului. Jika ingin mendahului, pengemudi harus menggunakan lajur di paling kanan. Itupun, setelah mendahului pengemudi harus kembali ke lajur asalnya dan tidak berlama-lama di lajur kanan.

"Pastikan tidak mendahului dari sebelah kiri, karena aturan lalu lintas di Indonesia mendahului itu dari kanan. Mendahului dari kiri selain sering bikin kaget juga kecepatan arus kendaraannya lebih pelan, apalagi bahu jalan yang fungsinya untuk kondisi-kondisi darurat saja," ucap Sony.

Baca juga: Gaji Makin Besar, Aleix Espargaro Sampai Tak Tahu Jumlah Uang di Bank

Kemudian, bagi pengguna jalan yang harus menggunakan bahu jalan tol, Sony mengimbau pengguna bahu jalan untuk melengkapi diri dengan peralatan keselamatan.

"Jadi berada di bahu jalan, pastikan menggunakan pengaman berupa reflektor, safety cone, ada buddy dan selalu memperhatikan flow lalu lintas," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.