Andrea Dovizioso Siap Pensiun, Musim Ini Jadi Momentum Perpisahan

Kompas.com - 13/07/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso saat ini menjadi pebalap paling senior di kelas MotoGP. Pebalap asal Italia ini mengungkapkan bahwa dirinya sudah siap pensiun.

Namun, bukan usia yang menjadi alasannya untuk mengakhiri karir balapnya pada akhir musim ini. Alasan Dovizioso ingin pensiun adalah karena performanya yang tak kunjung kompetitif.

Baca juga: Dovi Sebut Yamaha Fokus Puaskan Quartararo

"Untungnya, saya pernah membalap dengan Yamaha di 2012. Jika tidak, orang akan bilang saya tidak bisa kompetitif di Yamaha. Tapi, bukan itu kenyataannya," ujar Dovizioso, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (13/7/2022).

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)BAY ISMOYO Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Dovizioso mengatakan, ada beberapa alasan lainnya. Menurutnya, MotoGP sudah berubah, begitu pula dengan motor. Kompetisinya juga berubah dan cara membawa motor juga berubah.

"Yamaha sekarang ini cukup tidak biasa karena banyak alasan. Anda memiliki feeling yang sangat bagus, Anda bisa belok, dan mengerem sangat baik. Tapi, ada aspek lain yang tidak begitu bagus," kata Dovizioso.

Baca juga: Banyak Berubah, Dovizioso Sebut MotoGP Makin Sulit Diprediksi

Menurutnya, jika pebalap tersebut tidak membalap seperti Fabio Quartararo, akan sangat sulit untuk bisa kompetitif. Quartararo menang karena alasan tertentu, berarti ada cara untuk bisa lebih kencang.

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP)JUAN MABROMATA Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP)

Namun, jika ada pebalap lain yang mengeluh, seperti yang terjadi pada beberapa tahun belakangan ini, maka itu berarti tidak ada cara lain untuk bisa kompetitif.

"Saya jelas tidak akan balapan, tidak ada alasan untuk itu. Saya selalu mengatakan, jika saya tidak kompetitif, saya tidak ingin berada di sini. Sebab, Anda tidak bisa menikmatinya ketika Anda kesulitan," ujar Dovizioso.

Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit MandalikaDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat sesi tes pra-musim di Sirkuit Mandalika

Dovizioso menambahkan, dia tidak berusaha untuk mencari tempat di tim lain untuk musim depan. Menurutnya, pebalap harus menjadi pusat dari proyek balap dan mendapat banyak dukungan, karena semua pebalap sangat kompetitif sekarang ini.

"Tentu saja saya tidak ingin mengakhiri musim ini seperti ini, karena akan sangat menyenangkan jika Anda kompetitif, ketika Anda merasa membalap dengan sangat baik dan bersaing untuk posisi yang bagus, seperti yang selalu saya lakukan," katanya.

Baca juga: Wuling Air ev Bisa Pakai Colokan Listrik Rumahan

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021Gold and Goose Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021

"Tapi, Anda tidak bisa mengendalikan semuanya, dan itu bisa terjadi. Saya sangat santai, saya berada di rumah setengah tahun pada tahun lalu tanpa balapan. Jadi, saya sudah mencobanya," ujar Dovizioso.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.