Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain | Alasan Motor Jangan Minum Bensin RON Kelewat Tinggi

Kompas.com - 23/05/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Viral di media sosial tayangan yang memperlihatkan sikap arogansi seorang pengemudi mobil di ruas tol Kebon Jeruk. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @ahmadsahroni, terlihat dua orang pria terlibat cekcok di pintu masuk tol.

Berdasarkan narasi dalam unggahan tersebut, kejadian bermula saat pengemudi mobil Mitsubishi Pajero Sport memacu kendaraannya secara ugal-ugalan.

Baca juga: Diduga Salah Buka Kopling, Pemotor Senggol Mobil saat Macet

Selain itu, video viral di dunia maya di mana pemilik sepeda motor Honda Beat membayar mahal isi bensin karena menggunakan bensin Shell V-Power.

Terlepas dari ketidaktahuan soal kadar RON bensin, di masyarakat tak sedikit yang berpikir makin tinggi nilai oktan bahan bakar, akan membuat pembakaran di mesin semakin bagus.

Pandangan ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena yang paling tepat ialah menggunakan kadar oktan bensin sesuai spesifikasi mesin.

Baca juga: Bahaya Snow Blindness Imbas Modifikasi Lampu Belakang yang Norak

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 23 Mei 2022 :

1. Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain


Ketika sampai di pintu tol, SUV itu memotong lajur mobil Toyota Yaris. Pengemudi mobil Yaris tidak terima, dan enggan untuk memberi jalan, hingga terjadi perseteruan.

Bahkan, pengemudi Pajero yang menggunakan kacamata hitam itu terlihat menampar pengendara Yaris.

“Pajero udah ugal ugalan tuh di jalan tol dari kebon jeruk arah ke tomang, kejar2 an sama alphard. Sampe pintu tol, pajero motong yaris. Nah yarisnya gak ngasih tuh, sampe nekuk spion, pokoknya mepet2 an deh sampai depan pintu tol. Terus tiba2 supir pajero keluar tuh marah2 begitu. Emang arogan banget, Nahh Naahh Kan ga boleh arogan atuh Bapak.. sm sm pengguna Jalan,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain

2. Alasan Motor Jangan Minum Bensin RON Kelewat Tinggi

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, hal yang paling benar ialah memakai bensin dengan nilai oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Misalnya untuk motor direkomendasi memakai bensin dengan RON 90, sebaiknya disii dengan bensin RON 90, jangan pakai nilai yang lebih tinggi seperti RON 92, RON 95 atau RON 98.

“Kalau nilai oktan terlalu tinggi, maka bahan bakarnya tidak akan terbakar dengan sempurna. Performa mesin akan berkurang, yang jelas bisa menyebabkan emisi tidak sesuai yang diharapkan,” katanya dalam diskusi virtual belum lama ini.

Baca juga: Alasan Motor Jangan Minum Bensin RON Kelewat Tinggi

3. Isi Bensin Honda Beat Mahal, Ternyata Minum V-Power, Netizen Jerit

Video viral di dunia maya menceritakan pemilik sepeda motor Honda Beat yang mengisi bensin menggunakan bensin Shell V-Power.Foto: Tangkapan layar Video viral di dunia maya menceritakan pemilik sepeda motor Honda Beat yang mengisi bensin menggunakan bensin Shell V-Power.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com