Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain

Kompas.com - 22/05/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial tayangan yang memperlihatkan sikap arogansi seorang pengemudi mobil di ruas tol Kebon Jeruk.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @ahmadsahroni, terlihat dua orang pria terlibat cekcok di pintu masuk tol.

Berdasarkan narasi dalam unggahan tersebut, kejadian bermula saat pengemudi mobil Mitsubishi Pajero Sport memacu kendaraannya secara ugal-ugalan. Ketika sampai di pintu tol, SUV itu memotong lajur mobil Toyota Yaris.

Pengemudi mobil Yaris tidak terima, dan enggan untuk memberi jalan, hingga terjadi perseteruan. Bahkan, pengemudi Pajero yang menggunakan kacamata hitam itu terlihat menampar pengendara Yaris.

Baca juga: FIM Sebut Suzuki Salah Bila Tinggalkan MotoGP

“Pajero udah ugal ugalan tuh di jalan tol dari kebon jeruk arah ke tomang, kejar2 an sama alphard.
Sampe pintu tol, pajero motong yaris.
Nah yarisnya gak ngasih tuh, sampe nekuk spion, pokoknya mepet2 an deh sampai depan pintu tol. Terus tiba2 supir pajero keluar tuh marah2 begitu. Emang arogan banget,

Nahh Naahh Kan ga boleh arogan atuh Bapak.. sm sm pengguna Jalan,” tulis unggahan tersebut.


Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi yang arogan di ¡alan punya dua alasan, pertama adalah kelelahan dan emosi. Dua faktor in yang membuat pengemudi overreacting.

Sony menyarankan, jika bertemu dengan pengemudi yang arogan, hal yang pertama dilakukan adalah tetap berlaku defensif. Jangan sampai terpancing emosi oleh pengemudi ini.

Jika pengemudi terpancing provokasi, itu lah yang dinginkan orang arogan tadi, jadi merasa ada teman bermain dengan bahaya.

Baca juga: Spesifikasi Navya Arma, Kendaraan Listrik Otonom di Kawasan BSD

"Kedua, siapkan kamera untuk merekam tindakan mereka untuk bahan laporan kepada pihak berwajib atau paling tidak ada bukti pendukung," kata Sony.

Terakhir, pengemudi harus tetap tenang dan berkeselamatan. Berkeselamatan atau safety di sini maksudnya adalah antisipasi manuver-manuver membahayakan dari pengemudi arogan, seperti mepet atau rem mendadak dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.