Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain | Alasan Motor Jangan Minum Bensin RON Kelewat Tinggi

JAKARTA, KOMPAS.com— Viral di media sosial tayangan yang memperlihatkan sikap arogansi seorang pengemudi mobil di ruas tol Kebon Jeruk. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @ahmadsahroni, terlihat dua orang pria terlibat cekcok di pintu masuk tol.

Berdasarkan narasi dalam unggahan tersebut, kejadian bermula saat pengemudi mobil Mitsubishi Pajero Sport memacu kendaraannya secara ugal-ugalan.

Selain itu, video viral di dunia maya di mana pemilik sepeda motor Honda Beat membayar mahal isi bensin karena menggunakan bensin Shell V-Power.

Terlepas dari ketidaktahuan soal kadar RON bensin, di masyarakat tak sedikit yang berpikir makin tinggi nilai oktan bahan bakar, akan membuat pembakaran di mesin semakin bagus.

Pandangan ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena yang paling tepat ialah menggunakan kadar oktan bensin sesuai spesifikasi mesin.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 23 Mei 2022 :

1. Viral Video Sopir Pajero Arogan di Jalan Tol, Tampar Pengendara Lain

Bahkan, pengemudi Pajero yang menggunakan kacamata hitam itu terlihat menampar pengendara Yaris.

“Pajero udah ugal ugalan tuh di jalan tol dari kebon jeruk arah ke tomang, kejar2 an sama alphard. Sampe pintu tol, pajero motong yaris. Nah yarisnya gak ngasih tuh, sampe nekuk spion, pokoknya mepet2 an deh sampai depan pintu tol. Terus tiba2 supir pajero keluar tuh marah2 begitu. Emang arogan banget, Nahh Naahh Kan ga boleh arogan atuh Bapak.. sm sm pengguna Jalan,” tulis unggahan tersebut.

2. Alasan Motor Jangan Minum Bensin RON Kelewat Tinggi

Misalnya untuk motor direkomendasi memakai bensin dengan RON 90, sebaiknya disii dengan bensin RON 90, jangan pakai nilai yang lebih tinggi seperti RON 92, RON 95 atau RON 98.

“Kalau nilai oktan terlalu tinggi, maka bahan bakarnya tidak akan terbakar dengan sempurna. Performa mesin akan berkurang, yang jelas bisa menyebabkan emisi tidak sesuai yang diharapkan,” katanya dalam diskusi virtual belum lama ini.

3. Isi Bensin Honda Beat Mahal, Ternyata Minum V-Power, Netizen Jerit

Video viral di dunia maya menceritakan pemilik sepeda motor Honda Beat yang mengisi bensin menggunakan bensin Shell V-Power.

Pemilik akun TikTok Living Alone Girl menceritakan bahwa sekali isi penuh tangki motornya perlu membayar Rp 45.000 bahkan mencapai Rp 58.000 usai kenaikan BBM belum lama ini.

Ternyata oleh sang pemilik, skutik entry level itu diisi menggunakan Shell V-Power yang memiliki kadar Research Octane Number atau RON 95 seharga Rp 17.500 per liter.

4. Toyota Luncurkan Kijang Innova Hybrid Akhir Tahun Ini?

Hal ini dibuktikan dengan Kijang Innova EV Concept yang hadir pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu.

Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan produksi lokal dari mobil hybrid yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022.

5. Terapkan Nirsentuh, Kartu Tol Tak Lagi Digunakan pada 2024

Tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan segera melakukan uji coba penerapan transaksi nontunai nirsentuh di beberapa tuas jalan tol.

Penerapan transaksi multi lane free flow (MLFF) ini juga akan sekaligus menggantikan pembayaran dengan kartu uang elektronik atau kerap disebut e-Toll. Namun hal tersebut baru akan dilakukan saat implementasi penuh pada 2024 mendatang.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, adanya layanan transaksi MLFF atau nirsentuh membuat pengguna jalan tol tak perlu lagi mengantre di gerbang tol untuk melakukan tapping.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/23/060200115/-populer-otomotif-viral-video-sopir-pajero-arogan-di-jalan-tol-tampar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke