Kompas.com - 08/12/2021, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah PT PLN (Persero) untuk mengakselerasi era kendaraan listrik kembali berlanjut. Setelah di Lampung, PLN kembali meresmikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kalimantan.

Executive Vice President Retail Regional Sumatera Kalimantan PLN Sigit Witjaksono mengatakan, PLN terus memperluas jangkauan SPKLU sebagai infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik, untuk menciptakan daya tarik penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"SPKLU merupakan dukungan PLN dalam menyediakan infrastruktur pendukung kendaraan listrik, sehingga harapannya bisa mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik di Indonesia," ujar Sigit dalam keterangan resminya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Rocky 1.2L Satu-satunya SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Menurut Sigit, untuk SPKLU yang berada di halaman kantor PLN UIW Kaltimra memiliki tipe fast charging. Dengan demikian, pemilik mobil listrik di Kalimantan bisa mengisi daya dengan cepat, yakni kurang dari 3 jam untuk mencapai 100 persen.

SPKLU perdana PLN di KalimantanPLN SPKLU perdana PLN di Kalimantan

"Sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, PLN terus bergerak memberikan dukungan dalam memasifkan kendaraan listrik di Indonesia, karena tentunya ini juga sebagai dukungan kami pada program pemerintah mengembangkan kendaraan zero carbon," ucap Sigit.

Untuk pengoperasiannya, konsumen yang akan mengisi daya di SPKLU PLN lebih dulu wajib memiliki aplikasi Charge.In yang bisa diunduh via Googleplay atau Appstore. Aplikasi tersebut bisa memberikan informasi soal lokasi SPKLU sampai mengontrol dan memonitor pengisian batre.

Metode pembayarannya sendiri, PLN sudah mengandeng Himpunan Bank Negara (HIMBARA). Lewat aplikasi Charge.In, pelanggan dapat mengatur sendiri daya listrik yang akan diisi ke mobil masing-masing dan melakukan pembayaran via digital.

Baca juga: Syarat Perjalanan Jarak Jauh Usai PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Sementara itu, General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto mengatakan, pihaknya tengah gencar untuk mengenalkan kendaraan listrik agar penggunaannya semakin akrab di kalangan masyarakat. PLN pun menggandeng jajaran stakeholders sebagai kampanye untuk menggunakan kendaraan listrik.

aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekatDok PLN aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekat

"Kami akan terus berupaya mengenalkan kendaraan listrik supaya awareness stakeholders dan masyarakat meningkat. Dalam waktu dekat juga akan kami adakan konvoi kendaraan listrik bersama stakeholders, harapannya untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa era kendaraan listrik di Kalimantan Timur telah dimulai," ungkap Saleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.