Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Siapkan 6 SPKLU Fast Charging di Jawa Tengah pada 2022

Kompas.com - 02/12/2021, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Pemerintah tengah mendorong pertumbuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. Tercatat sampai dengan November 2021, sudah ada 219 unit SPKLU di Tanah Air.

Bukan cuma di Ibu Kota, pertumbuhan charging station juga terus dikembangkan di sejumlah daerah, salah satunya di Jawa Tengah.

Eric Rossi Priyo Nugroho, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, mengatakan, saat ini sudah ada beberapa SPKLU PLN dengan kemampuan fast charging di Jawa Tengah.

Menurutnya, fasilitas ini bakal terus ditambah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang memakai kendaraan listrik.

Baca juga: Jika Kia Niro Masuk Indonesia, Siap Tantang 4 Model Sekaligus

SPKLU PLN pertama di Sulawesi TengahPLN SPKLU PLN pertama di Sulawesi Tengah

“Saat ini yang sudah aktif mulai dari rest area Tol Cipali KM 207, lalu Kantor PLN UP3 Semarang, di Tol Solo-Ngawi KM 519,” ujar Eric, kepada Kompas.com (1/12/2021).

“Nanti ke depan juga bakal ada di Semarang, dekat Tol Jatingaleh. Kemudian di Jogja, tapi untuk di sana sasarannya motor listrik dengan tenaga 5-7 kWh, bakal ada 12 dispenser,” kata dia.

Eric menambahkan, pada 2022, rencananya ada total 6 SPKLU yang dikelola PLN yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: Impresi Berkendara Hyundai Staria, Ternyata Tidak Terasa Besar

 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) Dok. PLN Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero)

Sebelumnya, pemerintah telah menerapkan rencana Grand Strategi Energi Nasional untuk mempercepat penetrasi pertumbuhan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri.

Kementerian ESDM pun menargetkan pembangunan puluhan ribu unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) pada 2030 mendatang.

“Pada 2030 nanti ditargetkan untuk SPKLU sekitar 31.859 unit dan SPBKLU 70.000 unit," ujar Ida Nuryatin Finahari, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, dalam seminar pada IEMS 2021 di Tangerang (24/11/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com