Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Perjalanan Jarak Jauh Usai PPKM Level 3 Batal Diterapkan

Kompas.com - 08/12/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, merevisi kebijakan penerapan PPKM Level 3 pada masa libur Natal dan tahun baru (Nataru) di seluruh Indonesia.

Menurut Luhut, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah menjelang momen Nataru.

Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah.

Namun demikian, penerapan level PPKM akan mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, dan tetap dengan beberapa pengetatan yang dilakukan.

Baca juga: Catat, Ini Biaya Resmi Bikin SIM C per Desember 2021

"Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri. Namun kebijakan PPKM di masa Nataru (Natal dan Tahun Baru) akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan," kata Luhut dalam keterangan resminya, Senin (6/12/2021).

Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM. DOK. Shutterstock Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM.

Adapun yang jadi pertimbangan utama pemerintah untuk membatalkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia, lantaran penanganan pandemi Covid-19 yang menunjukkan perbaikan signifikan.

Selain itu, melalui penguatan 3T, dan percepatan vaksin dalam satu bulan terakhir, Luhut menilai Indonesia saat ini lebih siap dalam menghadapi momen Nataru.

Testing dan tracing juga dinilai tetap berada pada tingkat yang tinggi meski kasus rendah, dan lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Lantas bagaimana soal aturan perjalanan orang di masa libur Natal dan tahun baru kali ini?

Menjawab pertanyaan tersebut, dalam keterangan resmi juga sudah dijelaskan beberapa garis besarnya terkait syarat perjalanan jarak jauh selama Nataru, yakni :

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.