Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantangan Pengembangan SPKLU di Indonesia

Kompas.com - 21/07/2024, 20:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti menjelaskan sejatinya tidak ada kendala berarti dalam membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia.

Hanya saja memang untuk memperluas fasilitas charging station bagi mobil listrik tersebut punya tantangan tersendiri. Seperti, lahan yang cukup terbatas karena pengisian daya relatif lama.

Baca juga: Daihatsu Tawarkan Ragam Kemudahan di GIIAS 2024

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti bersama Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soejopranato di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2024)KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti bersama Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Fransiscus Soejopranato di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2024)

"Kendalanya tidak ada, tetapi karena charging station ini butuh lahan untuk tempat parkir walaupun tidak besar hanya seukuran dimesi mobil pada umumnya, kita harus cari," kata dia di ICE BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2024).

"Maka ini jadi tantangan kami soal ketersediaan lahan," tambah Edi.

Oleh karena itu pihak PLN terus mencari kobalobrasi dengan para stakeholder atau pemangku kepentingan serta pelaku bisnis untuk menyediakan SPKLU.

Beberapa keuntungan dari kolaborasi ini, pihak PLN akan menjamin ketersediaan listrik dan pengenaan tarif daya listrik yang lebih murah.

Baca juga: Hyundai Dukung Rencana Wajib Asuransi TPL Kendaraan Bermotor

Ilustrasi Charging Station Hyundai IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi Charging Station Hyundai Indonesia

"Kami butuh kolaborasi dengan stakeholder seperti tempat parkir di kantor-kantor, mall, dan lain-lain, kami siap berkolaborasi untuk menyiapkan charging stationnya," kata Edi.

Di samping itu, PLN juga memberdayakan tiang listrik yang ada jadi SPKLU dengan jenis pole charging. Pada tahun 2024, ditargetkan ada 2.000 tiang listrik yang disulap jadi fasilitas dimaksud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau