Ini Perkiraan Fitur Honda Sensing di City Hatchback Terbaru

Kompas.com - 05/10/2021, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai merilis All New BR-V, PT Honda Prospect Motor (HPM) sepertinya mulai menyiapkan produk mobil baru berikutnya. Disinyalir mobil terbaru tersebut adalah varian anyar City Hatchback yang ditanami teknologi Honda Sensing.

Menilik Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang tertera di situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov DKI Jakarta, tertulis nama baru City HB 1.5L RS-HS CVT. Nama baru ini melengkapi RS MT dan RS CVT yang sudah ada sebelumnya.

Istilah 'HS' yang disematkan pada produk mobil Honda umumnya ditujukan untuk penamaan varian mobil dengan teknologi Honda Sensing, yakni paket fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dalam kabin.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika, Kemenangan Manis Marc Marquez

Meski begitu, PT HPM belum banyak berkomentar mengenai kabar tersebut. Bussiness Innovation and Marketing & Sales HPM Yusak Billy menjelaskan bahwa pendaftaran model dan varian baru pada situs Bapenda DKI Jakarta memang rutin dilakukan. Namun produk yang didaftarkan belum tentu dipasarkan.

Honda City Hatchback RS CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda City Hatchback RS CVT

“Semua tergantung kondisi pasar dan keinginan konsumen, yang tentunya melalui studi lebih lanjut yang kami lakukan secara berkala,” ujar Billy kepada Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Jika berandai-andai, memangnya apa saja fitur yang akan disematkan pada City Hatcback jika benar mobil ini akan ikut mengadopsi teknologi Honda Sensing?

Sebagai permulaan, Honda Sensing telah ditanamkan pada City Hatchback e:HEV RS yang dipasarkan di Thailand. Fitur ini mengandalkan sensor kamera yang terletak di area kaca depan dekat spion tengah.

Baca juga: Daftar Lengkap Harga BBM Pertamina per Oktober 2021

Pada City Hatchback e:HEV RS, Honda Sensing mempunyai 5 fitur utama. Yang pertama, ada Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang memanfaatkan rem untuk mengurangi laju bahkan menghentikan mobil sebelum terjadi tabrakan sebagai langkah mitigasi.

Honda Sensing CR-V Facelift 1.5L Turbo Prestigewww.honda-indonesia.com Honda Sensing CR-V Facelift 1.5L Turbo Prestige

Kedua, ada Adaptive Cruise Control yang membantu pengemudi dalam menyetir di jalan tol. Fitur ini juga mengatur jarak dan kecepatan mobil secara otomatis mengikuti kendaraan di depannya.

Ketiga adalah Lane Keeping Assist System (LKAS) yang membantu pengemudi tetap berada pada jalurnya saat berkendara, terutama ketika melaju di tikungan.

Baca juga: Klasemen Pebalap MotoGP 2021 Setelah GP Amerika

Berikutnya ada Road Departure Mitigation (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW). Fungsinya sebagai pengingat dan membantu pengemudi ketika mobil keluar dari lajur yang aman.

Terakhir, yakni Auto High Beam (AHB) yang bisa mengatur intensitas cahaya lampu utama secara otomatis disesuaikan dengan kondisi saat ada kendaraan lain melaju dari arah berlawanan.

Meski begitu, belum tentu kelima fitur tersebut akan dibawa HPM ke dalam City Hatchback RS di Indonesia. Bisa jadi ada penambahan atau pengurangan yang membuatnya berbeda dengan versi Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.