Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Perkiraan Fitur Honda Sensing di City Hatchback Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai merilis All New BR-V, PT Honda Prospect Motor (HPM) sepertinya mulai menyiapkan produk mobil baru berikutnya. Disinyalir mobil terbaru tersebut adalah varian anyar City Hatchback yang ditanami teknologi Honda Sensing.

Menilik Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang tertera di situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov DKI Jakarta, tertulis nama baru City HB 1.5L RS-HS CVT. Nama baru ini melengkapi RS MT dan RS CVT yang sudah ada sebelumnya.

Istilah 'HS' yang disematkan pada produk mobil Honda umumnya ditujukan untuk penamaan varian mobil dengan teknologi Honda Sensing, yakni paket fitur keselamatan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dalam kabin.

Meski begitu, PT HPM belum banyak berkomentar mengenai kabar tersebut. Bussiness Innovation and Marketing & Sales HPM Yusak Billy menjelaskan bahwa pendaftaran model dan varian baru pada situs Bapenda DKI Jakarta memang rutin dilakukan. Namun produk yang didaftarkan belum tentu dipasarkan.

“Semua tergantung kondisi pasar dan keinginan konsumen, yang tentunya melalui studi lebih lanjut yang kami lakukan secara berkala,” ujar Billy kepada Kompas.com, Minggu (3/10/2021).

Jika berandai-andai, memangnya apa saja fitur yang akan disematkan pada City Hatcback jika benar mobil ini akan ikut mengadopsi teknologi Honda Sensing?

Sebagai permulaan, Honda Sensing telah ditanamkan pada City Hatchback e:HEV RS yang dipasarkan di Thailand. Fitur ini mengandalkan sensor kamera yang terletak di area kaca depan dekat spion tengah.

Pada City Hatchback e:HEV RS, Honda Sensing mempunyai 5 fitur utama. Yang pertama, ada Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang memanfaatkan rem untuk mengurangi laju bahkan menghentikan mobil sebelum terjadi tabrakan sebagai langkah mitigasi.

Kedua, ada Adaptive Cruise Control yang membantu pengemudi dalam menyetir di jalan tol. Fitur ini juga mengatur jarak dan kecepatan mobil secara otomatis mengikuti kendaraan di depannya.

Ketiga adalah Lane Keeping Assist System (LKAS) yang membantu pengemudi tetap berada pada jalurnya saat berkendara, terutama ketika melaju di tikungan.

Berikutnya ada Road Departure Mitigation (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW). Fungsinya sebagai pengingat dan membantu pengemudi ketika mobil keluar dari lajur yang aman.

Terakhir, yakni Auto High Beam (AHB) yang bisa mengatur intensitas cahaya lampu utama secara otomatis disesuaikan dengan kondisi saat ada kendaraan lain melaju dari arah berlawanan.

Meski begitu, belum tentu kelima fitur tersebut akan dibawa HPM ke dalam City Hatchback RS di Indonesia. Bisa jadi ada penambahan atau pengurangan yang membuatnya berbeda dengan versi Thailand.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/05/111200815/ini-perkiraan-fitur-honda-sensing-di-city-hatchback-terbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke