Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adopsi Mesin City Hatchback, BBM BR-V Baru Lebih Irit 3 Persen

Kompas.com - 23/09/2021, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru dari BR-V.

Mobil yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah tersebut, datang dengan pembaruan dari segala sektor.

Tak hanya menjelma dengan kemasan yang lebih mewah serta berlimpah fitur, namun All New Honda BR-V juga menawarkan suguhan sensasi berkendara berbeda dari mesin baru yang digunakan.

Baca juga: Tak Cuma BR-V, Tertutup Kain Merah Honda Masih Punya Kejutan Lain ?

Seperti diketahui, BR-V baru hadir menggunakan mesin yang serupa dengan City Hatchback RS, yakni L15ZF DOHC dengan kubikasi 1.500 cc.

Mesin tersebut menawarkan tenaga sebesar 121 PS atau 119,3 tk dan torsi maksimal 145 Nm. Dengan dapur pacu baru yang mengusung Double Overhead Camshaft, ternyata memberikan efek positif dari sisi efisiensinya.

"Sama dengan City Hatchback seperti yang dijelaskan kemarin. Konsumsi BBM berdasarkan pengujian, lebih irit 3 persen dari model BR-V sebelumnya," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, kepada media di Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Adu Mesin BR-V Terbaru dengan Xpander Cross, Siapa yang Menang?

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Sebelumnya, saat debut dunia secara virtual dari Indonesia, Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific Yoshihiko Eguchi mengatakan, mesin dan transmisi yang digunakan BR-V baru serupa dengan City Hatchback.

Namun bukan berarti semua tinggal plug n play, tetap ada perbedaan yang dilakukan melalui penyesuaian-penyesuaian mengingat karakter City Hatchback dan BR-V berada di segmen yang berseberangan.

Baca juga: Pakai Platform Baru, Honda BR-V Bakal Punya Varian Hybrid?

"Untuk engine sama yang digunakan City Hatchback, tapi karena tema yang diusung adalah LSUV, jadi kami gunakan settingan berbeda untuk mendongkrak tenaga dan efisiensi bahan bakarnya," ucap Eguchi, dalam konferensi virtual (21/9/2021).

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

"Begitu juga transmisinya, memang BR-V juga sama dengan transmisi matik City Hatchback, dan kami juga menerapkan settingan khusus untuk mendongkrak tenaga dan keiritan bahan bakarnya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com