Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 08/09/2021, 09:12 WIB
Seorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19. ANTARA FOTO/SENOSeorang warga membayar pajak kendaraan bermotor dari rumah secara daring atau online di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini melakukan pengecekkan terhadap pajak mobil semakin mudah. Tak perlu lagi datang ke kantor Samsat setempat sehingga memakan waktu serta tenaga.

Pemilik cukup menyediakan ponsel atau laptop dan lakukan secara online di situs resmi Samsat. Cara lainnya, bisa unduh aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas).

Diketahui, dengan memutuskan untuk membayar pajak secara berkala, Anda berarti membantu pembangunan negara juga. Salah satu pajak yang terhitung wajib dibayarkan adalah kendaraan.

Baca juga: Plus Minus Kabin Bus Dipasang Sekat

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.
 

Indonesia memang mewajibkan seluruh pemilik kendaraan bermotor membayar pajak setiap tahunnya. Adapun biaya pajaknya, berbeda setiap tahun karena menurunnya harga jual terkait.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas bagaimana cara mengecek pajak mobil secara online? Melansir laman Samsat Nasional, pertama bisa melalui situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/.

Situs ini bisa Anda gunakan untuk mengecek status info pajak kendaraan serta biaya yang harus dibayarkan. Cara menggunakannya pun terhitung mudah, cukup masukkan nomor kendaraan serta Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Tak sampai di sana, pemilik juga bisa memilih pembayaran yang tersedia agar proses ini berjalan dengan lebih cepat juga tanpa membuat bingung.

Cara kedua, unduh aplikasi Samsolnas yang tersedia secara gratis di Google Play Store.

Baca juga: Cara Produsen Pelek Uji Kekuatan Produknya

Ilustrasi: Sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim Ilustrasi: Sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor
 

Untuk berkas-berkas yang dibutuhkan seperti data NIK, STNK. Namun hal ini pembayaran secara online tidak berlaku untuk pembayaran wajib pajak yang bersamaa dengan ganti atau blokir STNK.

Daerah di Indonesia yang telah bekerja sama dengan aplikasi ini di antara lain Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Bali, dan DKI Jakarta.

Cara penggunaannya pun terbilang mudah, tinggal ikuti instruksi dari menu yang tersedia.

Aplikasi ini juga membuat Anda tinggal menunggu hingga Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) dikirim ke rumah wajib pajak atau melalui email. Setelah itu Anda tinggal membawa berkas itu ke Samsat untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.