Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Baterai Motor Listrik Konsorsium Honda, Yamaha, KTM, Piaggio

Kompas.com - 07/09/2021, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

MILAN, KOMPAS.com - Empat pabrikan sepeda motor yaitu Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio, resmi membentuk konsorsium untuk mendorong kemudahan penggunaan baterai motor listrik.

Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) yang sudah digaungkan sejak beberapa waktu lalu ini akan menjadi pijakan empat pabrikan tersebut memakai baterai dengan spesifikasi setipe.

Baca juga: Mengenal WorldSBK, Biar Enggak Bingung Saat Nonton di Sirkuit Mandalika

Konsorsium akan fokus pada masalah masa pakai baterai, waktu pengisian ulang, infrastruktur dan biaya, serta menentukan spesifikasi teknis standar internasional untuk baterai yang dapat ditukar.

New Vespa ElettricaFoto: Motocycle.com New Vespa Elettrica

Keempat pabrikan besar beda benua ini mengatakan menyambut merek lain yang tertarik ingin bergabung. Sehingga memperluas standar baterai motor listrik ke depan.

"Mobilitas perkotaan sedang melalui momen transisi yang sulit menuju elektrifikasi. Berkat konsorsium ini, sepeda motor akan tetap memegang peran kuncinya," kata Chief of Strategy and Product Piaggio Michele Colaninno mengutip Reuters, Selasa (7/9/2021).

Chief Officer Operasi Sepeda Motor Honda Yoshishige Nomura mengatakan tujuan konsorsium bertujuan untuk membuat sepeda motor listrik lebih nyaman bagi konsumen.

Baca juga: Hasil Lengkap Sentul Drag Fest 2021 Round 3 Kelas 201 Meter

"Karena penggunaannya dalam skala besar dapat secara substansial berkontribusi pada penciptaan masyarakat yang lebih berkelanjutan," kata Nomura.

Skuter listrik Yamaha E-Vino.Febri Ardani/KompasOtomotif Skuter listrik Yamaha E-Vino.

Mengutip evreporter.com, Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio akan memakai baterai berkapasitas paling rendah dari 48V sampai baterai tertinggi dengan daya 11 kW.

Secara garis besar keempat pabrikan mempunyai empat target utama yaitu:

1. Mengembangkan spesifikasi teknis baterai yang bisa ditukar.

2. Mengkonfirmasi penggunaan sistem baterai untuk umum.

3. Membuat, mempromosikan spesifikasi baterai dari konsorsium sebagai standar di Eropa dan badan standardisasi internasional.

4. Memperluas penggunaan spesifikasi baterai dari konsorsium untuk tingkat global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com