Plus Minus Kabin Bus Dipasang Sekat

Kompas.com - 07/09/2021, 19:21 WIB
Sekat antara pengemudi dan penumpang bus Happy BusSekat antara pengemudi dan penumpang bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Dengan tiket yang relatif ekonomis, penumpang bisa merasakan perjalanan yang cukup nyaman ke luar kota.

Ketika naik ke kabin bus AKAP, kerap terlihat ada sekat lagi yang memisahkan area pengemudi dan penumpang. Sekat ini ukurannya cukup besar, bahkan ada pintu di bagian tengahnya sebagai akses keluar masuk penumpang.

Beberapa PO bus juga ada yang tidak memasang sekat ini. Sehingga dari area pengemudi ke penumpang tidak ada yang memisahkan. Lalu apa saja kelebihan dari memakai sekat dan kekurangannya?

Baca juga: Polisi Langsung Tilang Pelanggar Ganjil Genap, Dendanya Rp 500.000

Sekat kabin bus AKAP PO ANSMorodadi Prima Sekat kabin bus AKAP PO ANS

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, ada beberapa kelebihan yang tentu bakal dirasakan penumpang saat melakukan perjalanan naik bus yang memiliki sekat di kabinnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama mengurangi kebisingan yang timbul. Biasanya bisa dari pintu depan atau perbincangan pengemudi dan kernet,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

Selain itu, bisa dilihat pada bus milik PO STJ yang punya audio sistem khusus di area pengemudi. Jadi ketika pengemudi mendengarkan musik yang keras, suaranya bisa tertahan sekat sehingga tidak mengganggu penumpang.

Baca juga: PPKM Level 3 Diperpanjang, Ganjil Genap di Jakarta Berlanjut

“Untuk pengemudi juga jadi merasa lebih aman. Dengan adanya sekat, mengurangi risiko gangguan dari penumpang,” kata Werry.

Sekat juga bisa dijadikan smoking area, sehingga asap dari rokok pengemudi dan kru tidak sampai ke penumpang. Selain itu, penumpang juga bisa ikut merokok di depan bersama pengemudi dan kru bus.

“Kekurangannya adalah pandangan penumpang cenderung terhalang. Selain itu, ada juga biaya tambahan untuk pemasangan sekat tersebut,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.