Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Turunan Curam, Ini Alasan Mobil Matik Wajib Pakai Gigi Rendah

Kompas.com - 06/09/2021, 18:05 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil baru bertransmisi otomatis umumnya dibekali jenis transmisi yang sudah cukup pintar. Ketika diminta untuk berakselerasi dengan menginjak pedal gas, transmisi akan otomatis menurunkan posisi gigi ke level yang lebih rendah.

Sementara saat mobil melaju tanpa hambatan di jalan tol, transmisi akan menaikkan ke level yang lebih tinggi. Selain bisa meningkatkan kecepatan, konsumsi BBM juga lebih irit karena putaran mesin bakal dibuat rendah.

Namun saat melewati turunan curam di pegunungan, Anda tidak bisa sepenuhnya menyerahkan perpindahan gigi pada transmisi.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Fitur baru Hill Descent Control (HDC) membantu Mitsubishi All-New Pajero Sport menaklukan turunan curam.Febri Ardani/KompasOtomotif Fitur baru Hill Descent Control (HDC) membantu Mitsubishi All-New Pajero Sport menaklukan turunan curam.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, posisi gigi wajib kita posisikan lebih rendah karena sejumlah alasan.

Pengemudi bisa menurunkan persneling dari D ke posisi 3 atau 2, sehingga posisi gigi akan bertahan di gigi 3 atau 2 saja.

"Ini akan menghasilkan bantuan engine brake sehingga rem tidak terlalu dipaksakan untuk memperlambat mobil," ucap Hermas, kepada Kompas.com belum lama ini

Baca juga: Terungkap Alasan Rossi Masih Balapan, Bukan Pensiun Tahun Lalu

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

Sementara jika kondisi turunannya lebih curam lagi, Anda bisa memindahkan kembali tuas persneling ke posisi L, di mana posisi ini akan mengunci posisi transmisi pada gigi 1.

“Dengan bantuan engine brake, maka mobil bisa melalui turunan curam lebih aman. Hal ini sangat penting agar transmisi matik bekerja sesuai fungsinya dan terhindar dari rem blong," kata Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com