Lewat Turunan Curam, Ini Alasan Mobil Matik Wajib Pakai Gigi Rendah

Kompas.com - 06/09/2021, 18:05 WIB
Tuas transmisi mobil matik Tuas transmisi mobil matik
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil baru bertransmisi otomatis umumnya dibekali jenis transmisi yang sudah cukup pintar. Ketika diminta untuk berakselerasi dengan menginjak pedal gas, transmisi akan otomatis menurunkan posisi gigi ke level yang lebih rendah.

Sementara saat mobil melaju tanpa hambatan di jalan tol, transmisi akan menaikkan ke level yang lebih tinggi. Selain bisa meningkatkan kecepatan, konsumsi BBM juga lebih irit karena putaran mesin bakal dibuat rendah.

Namun saat melewati turunan curam di pegunungan, Anda tidak bisa sepenuhnya menyerahkan perpindahan gigi pada transmisi.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Fitur baru Hill Descent Control (HDC) membantu Mitsubishi All-New Pajero Sport menaklukan turunan curam.Febri Ardani/KompasOtomotif Fitur baru Hill Descent Control (HDC) membantu Mitsubishi All-New Pajero Sport menaklukan turunan curam.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, posisi gigi wajib kita posisikan lebih rendah karena sejumlah alasan.

Pengemudi bisa menurunkan persneling dari D ke posisi 3 atau 2, sehingga posisi gigi akan bertahan di gigi 3 atau 2 saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini akan menghasilkan bantuan engine brake sehingga rem tidak terlalu dipaksakan untuk memperlambat mobil," ucap Hermas, kepada Kompas.com belum lama ini

Baca juga: Terungkap Alasan Rossi Masih Balapan, Bukan Pensiun Tahun Lalu

Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah kendaraan melintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) petang. Terhitung hari ini jajaran Satlantas Polres Cianjur mulai memberlakukan ganji genap.

Sementara jika kondisi turunannya lebih curam lagi, Anda bisa memindahkan kembali tuas persneling ke posisi L, di mana posisi ini akan mengunci posisi transmisi pada gigi 1.

“Dengan bantuan engine brake, maka mobil bisa melalui turunan curam lebih aman. Hal ini sangat penting agar transmisi matik bekerja sesuai fungsinya dan terhindar dari rem blong," kata Hermas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.