Helm Tepat, Berkendara Makin Nikmat

Kompas.com - 06/09/2021, 16:41 WIB
Helm full face Foto: Wahana HondaHelm full face
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan perlengkapan vital dalam berkendara sepeda motor. Tak sekadar melindungi kepala kini juga menjadi identitas pengendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, dengan pemilihan yang tepat, selain keselamatan dipastikan kegiatan bermotor akan makin nyaman.

Baca juga: Ingat, Jangan Netralkan Gigi Motor Saat Lewati Turunan

"Untuk itu diperlukan pemahaman terkait pemilihan helm bagi pengendara mulai dari mencocokkan dengan jenis motor, tujuan penggunaan, hingga pemilihan jenis sesuai tujuan berkendara seperti touring, off road atau harian," katanya dalam rilis resmi, Senin (6/9/2021).

Helm open faceFoto: Wahana Honda Helm open face

Berikut jenis helm mulai dari jenis hingga peruntukan penggunaan.

1. Full face

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesuai dengan namanya, helm ini menutup sempurna bagian kepala hingga wajah.

Dipastikan helm ini maksimal melidungi kepala dan wajah saat terjadi kecelakaan. Helm jenis ini biasa digunakan pengendara motor sport yang identik dengan kecepatan.

Menutup kepala, wajah dan sebagaian leher, helm ini juga pilihan terbaik berkendara jauh. Jenis helm ini juga memiliki pelindung bagian rahang, dagu dan pipi.

Desain full face terkadang tidak disukai oleh seluruh pengendara motor karena sifatnya yang tertutup full, terkesan pengap dan panas.

Namun beberapa pabrikan kini telah berikan perubahan pada sistem ventilasi yang lebih baik sehingga lebih nyaman digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.