Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Teknik Bawa Skutik Saat Melewati Turunan Panjang

Kompas.com - 06/09/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai skutik melewati jalan menurun di bukit atau turunan tajam perlu teknik yang mumpuni. Sebab engine brake motor matik tak sebesar motor dengan gigi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, saat melewati jalan menurun sebaiknya tidak menutup habis throttle alias gas agar motor tidak menyolong.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Xpander Serba Merah di Thailand

"Untuk penggunaan motor matik pada kondisi jalan menurun sebaiknya tidak menutup habis throttle gas, karena jika gas tertutup sampai habis maka motor cenderung loss atau nyelonong disebabkan mesin tidak menahan motor," katanya kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Untuk itu kata Agus, usahakan gas tetap terbuka sedikit agar mesin dapat membantu mengurangi kecepatan motor.

"Lalu tetap gunakan rem depan dan belakang untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan motor, penggunaan rem depan jangan terlalu dalam untuk mencegah roda depan tergelincir saat di jalan," katanya.

Baca juga: Mengenal Bodi Bus Medium Sonic MHD, Buatan Karoseri Anugrah

Hal ini dilakukan agar lebih efektif mengurangi laju perlambatan saat mengerem. Penting juga untuk tidak selalu mengerem setiap saat, namun pada saat-saat tertentu saja agar rem tidak cepat panas.

Pasalnya dalam kondisi tertentu, bisa terjadi fenomena vapor lock yang membuat kinerja rem menurun lantaran digunakan terus menerus.

“Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu berada di tuas rem kanan dan kiri,” ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com