Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Jangan Netralkan Gigi Motor Saat Lewati Turunan

Kompas.com - 06/09/2021, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pengendara sepeda motor menetralkan gigi saat melewati turunan. Padahal itu merupakan tindakan yang salah dan berisiko membuat kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, menetralkan gigi saat turunan membuat motor sulit dikendalikan karena motor akan nyelonong.

Baca juga: Ingat Motor Tak Pakai Spion Bisa Ditilang Rp 250.000

"Jika pada saat kondisi jalan menurun lalu kita menetralkan posisi gigi pada motor maka motor akan cenderung loss atau nyelonong dan rawan tergelincir apabila pengendara tidak sigap dalam mengoperasikan pengereman pada motor tersebut," katanya kepada Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Apalagi jika jalan menurun tersebut cukup curam atau panjang. Agus mengatakan hal itu akan membuat potensi motor makin sulit dikendalikan.

Rambu yang umum ditemui di jalanan menurunFatchur Sag / Mobilmo Rambu yang umum ditemui di jalanan menurun

Maka kata Agus, sebaiknya jika berjalan di jalanan menurun gunakanlah gigi 1 atau gigi rendah agar motor dapat tertahan oleh mesin sehingga motor tidak nyelonong.

Baca juga: Begini Jadinya Jika BMW Bikin Skutik Petualang C 400 GS

"Lalu dibantu dengan rem belakang dan sedikit rem depan agar lebih aman, dengan menggunakan gigi netral," katanya.

Agus mengatakan, jika tujuan untuk mengirit bensin atau bahan bakar juga tidak tepat. Sebab tidak semua kontur jalan menurun pasti ada tanjakan atau jalan landai.

"Jumlah pemakaian BBM juga tidak terlalu banyak berpengaruh apalagi jalan yang dilalui tidak semuanya dalam kondisi menurun," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com