Mobil Listrik Mungil dari Aliansi Nissan-Mitsubishi Meluncur 2022

Kompas.com - Diperbarui 07/09/2021, 07:01 WIB
Nissan-Mitsubishi luncurkan kei car kembar di Jepang Nissan-Mitsubishi luncurkan kei car kembar di Jepang
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebelum bergabung dalam aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Nissan dan Mitsubishi sudah berkolaborasi dalam membuat kei car.

Tapi, kei car alias mobil mini khusus pasar domestik Jepang (JDM) ini bukan lagi bermesin tradisional pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE). Tapi, sudah berstatus battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik murni.

Lewat perusahaan patungan NMKV, kedua produsen sudah meluncurkan kei car sejak 2011. Tahun ini Nissan dan Mitsubishi bisa dibilang merayakan 10 tahun hari jadinya.

Tercatat, sebanyak 1,52 juta unit kendaraan telah diproduksi semenjak itu. Nissan dan Mitsubishi pun berencana membuat lebih banyak kei car, namun model yang tanpa emisi alias EV.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Aliansi Nissan-Mitsubishi segera luncurkan mobil listrik mungil.AUTOINDUSTRIYA.com Aliansi Nissan-Mitsubishi segera luncurkan mobil listrik mungil.

Dilansir dari Autoindustriya (6/9/2021), Mini EV yang akan menggabungkan konstruksi ringan, akselerasi responsif, dan pengalaman berkendara yang tenang itu akan meluncur pada 2022.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesifikasi detail mengenai mobil tersebut memang belum dirilis. Namun Nissan kabarnya pernah mengungkap bahwa EV itu akan berukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.655 mm, alias mirip dengan kei car standar.

Urusan daya, EV tersebut akan datang akan memiliki paket baterai 20 kWh yang menurut Nissan akan cukup untuk digunakan harian.

Baca juga: Terungkap Alasan Rossi Masih Balapan, Bukan Pensiun Tahun Lalu

Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.Gilang Satria/Kompas.com Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.

Dalam keadaan darurat, EV ini juga dapat digunakan untuk memberi daya pada rumah tangga. Hal ini mirip dengan teknologi yang juga hadir pada Outlander PHEV 2021.

Meski begitu, spesifikasi ini dapat berubah dari waktu ke waktu karena mini EV masih dalam pengembangan.

Tetapi dengan peluncurannya yang direncanakan pada tahun depan, mungkin bocoran mengenai produk baru ini akan segera terungkap dalam waktu dekat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.