Mulai Juli 2021, Bus yang Lewat Semarang Wajib Masuk Terminal Mangkang

Kompas.com - 19/06/2021, 16:02 WIB
Suasana terminal mangkang Semarang sejak merebak virus corona. KOMPAS.com/RISKA FARASONALIASuasana terminal mangkang Semarang sejak merebak virus corona.

SEMARANG, KOMPAS.com - Terminal Mangkang merupakan terminal bus tipe A yang secara administratif masuk dalam wilayah Kota Semarang.

Terminal tipe A adalah terminal bus yang dikelola langsung oleh Kementerian Perhubungan. Ini berarti semua bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) wajib untuk masuk ke dalam terminal tersebut.

Namun hingga saat ini masih banyak bus AKAP dan AKDP dengan trayek yang melalui Kota Semarang tidak masuk ke Terminal Mangkang. Bus-bus ini kerap menaik-turunkan penumpang di terminal bayangan atau di pinggir jalan dekat agen PO bus terkait.

Baca juga: Sekarang Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Hal seperti itulah yang menyulitkan instansi-instansi terkait dalam melakukan pemantauan bus-bus yang keluar masuk wilayah Jawa Tengah melalui jalur utara.

Bus AKAP Murni Jayamurnijayalovers Bus AKAP Murni Jaya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, sosialisasi kepada agen-agen PO bus dan masyarakat Kota Semarang untuk memfungsikan Terminal Mangkang sebagaimana mestinya terus digencarkan hingga bulan Juli mendatang.

Pada 19 Juli nanti, semua bus yang memasuki Kota Semarang wajib untuk masuk ke Terminal Mangkang. Masyarakat yang akan naik bus menuju luar kota pun diwajibkan untuk naik di Terminal Mangkang, tidak lagi di terminal-terminal bayangan.

Saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/6/2021), Reno Adi Pribadi selaku Kepala Terminal Mangkang pun mengkonfirmasi mengenai regulasi baru tersebut.

Baca juga: Panaskan Mesin Mobil Matik, Tuas Transmisi di Posisi N atau P?

"Sebenarnya semua bus yang memasuki Semarang mau ada penumpang ataupun tidak tetap wajib masuk Terminal Mangkang biar terpantau," kata Reno.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Terminal Tipe A Mangkang (@terminal_mangkang)

Ia mengungkapkan, hingga saat ini bus-bus yang patuh untuk memasuki Terminal Mangkang hanya sekitar 20 persen dari total bus yang melewati Kota Semarang.

Reno mengaku bahwa sebagian masyarakat enggan naik bus melalui Terminal Mangkang karena lokasinya yang ada di pinggir barat kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.