Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Biaya Kepemilikan Suzuki Ignis sampai 3 Tahun, Sehari Rp 53.000

Kompas.com - 19/06/2021, 13:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu faktor yang menentukan konsumen dalam memiliki kendaraan adalah biaya kepemilikan. Jika biaya yang harus dikeluarkan per tahun atau bahkan per harinya cukup terjangkau, tentu ini menjadi daya tarik tersendiri.

Salah satu produk yang memiliki biaya kepemilikan yang bersahabat adalah Suzuki Ignis. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim ongkos yang harus dikeluarkan konsumen untuk memiliki Ignis berkisar Rp 53.497 per hari.

Namun, tentunya nominal tersebut akan berbeda-beda bagi setiap pemilik mobil sesuai dengan pemakaian dan berbagai faktor lainnya.

Baca juga: Sekarang Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Test Drive Suzuki IgnisKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Suzuki Ignis

Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa menganggu perencanaan finansial rumah tangga,” ujar Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT SIS, dalam keterangannya yang diterima Kompas.com (18/6/2021).

“Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menjabarkan estimasi biaya kepemilikan New Ignis yang sangat terjangkau bagi para pelanggan. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen untuk semakin yakin atas produk Suzuki,” kata dia.

Untuk menghitung estimasi biaya kepemilikan ini, faktor-faktor yang dapat dimasukkan adalah Biaya Perawatan Berkala, Biaya Pajak, serta Biaya Bahan Bakar Kendaraan.

Baca juga: Panaskan Mesin Mobil Matik, Tuas Transmisi di Posisi N atau P?

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.com/SETYO ADI Suzuki Ignis facelift

Tapi yang harus diingat, seluruh biaya tersebut dapat berubah dan harus disesuaikan kembali dengan penggunaan kendaraan.

Termasuk juga apabila ada kejadian tidak terduga, penyesuaian dengan biaya di daerah masing-masing, serta berbagai variabel lain yang berbeda-beda pada setiap pelanggan.

Berdasarkan catatan Suzuki, estimasi biaya servis atau perawatan berkala Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp 7.877.300 atau Rp 7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS.

Baca juga: Kenapa Daihatsu Rocky 1.2 L Tak Pakai Mesin Sigra?

Suzuki Ignis faceliftSIS Suzuki Ignis facelift

Sementara untuk biaya pajak tahunan, estimasimenggunakan pajak kendaraan bermotor untuk plat B (Jakarta) pada kisaran Rp 2.940.000 per tahun atau Rp 8.054 per hari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.