Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mobil Pakai Kaca Film Gelap Bisa Terhindar dari Kejahatan?

Kompas.com - 19/06/2021, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya kejahatan yang terjadi dijalan saat ini menuntut para pengemudi mobil untuk lebih berhati-hati, terutama bagi para pengemudi wanita.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kejadian tersebut, salah satunya adalah menggunakan kaca mobil yang gelap.

Namun perlu dicatat, untuk penggunaannya pun sebaiknya mengikuti aturan yang berlaku, yakni tidak boleh lebih dari 70 persen. Tujuannya, untuk tetap menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara, terutama pada malam hari.

Lantas, benarkah penggunaan kaca film juga dapat mencegah aksi pencurian?

Baca juga: Simak, Ini Plus-Minus Mobil Transmisi Matik dan Manual

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, penggunaan kaca film pada awalnya memang bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan, namun saat ini justru terbalik.

Menurut Sony, ketika mobil menggunakan kaca film secara berlebihan justru dapat mengundang kejahatan.

Ilustrasi pencurian mobil di pinggir jalanTwitter.com/@tirta_hudhi Ilustrasi pencurian mobil di pinggir jalan

Kaca film yang berlebihan justru akan membuat penasaran para pelaku kejahatan. Mereka berpikir bahwa ada barang berharga yang ditinggal di dalam mobil tersebut. Dengan begitu, maka tingkat kejahatan juga akan berpotensi terjadi,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan, Sony menyarankan agar pemilik mobil tidak meletakkan benda-benda berharga di dalam mobil saat ditinggal di tempat parkir.

Baca juga: Sejak Kapan Transmisi Matik Jadi Pilihan Banyak Konsumen di Dunia?

Meski hanya ditinggal sebentar, bukan berarti tidak kejahatan tidak bisa terjadi. Para penjahat yang sudah terlatih bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk membobol mobil.

“Cobalah untuk pintar dalam menempatkan barang bawaan. Apa yang berharga jangan ditinggal di kabin dan apa yang tidak perlu jangan dibawa,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com