Kompas.com - 25/05/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWENIlustrasi ban mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan salah atau komponen yang sangat vital, sebab berhubungan langsung dengan jalan.

Oleh sebab itu, pemilihannya harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan, baik kecepatan maupun beban yang ditopang.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, produsen membangun beberapa model ban yang sudah disesuaikan dengan jenis kendaraan yakni mobil penumpang dan kendaraan komersial, seperti truk dan bus.

Baca juga: Begini Cara Menghindari Kecelakaan Saat Jumpa Bus Ngeblong

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, meski sama-sama bulat dan berbahan dasar karet, kekuatan dan kelenturan ban kedua jenis kendaraan tersebut jelas berbeda.

Ban truk biasanya dibuat lebih kuat dan tebal karena memiliki kemampuan untuk memikul ban berat. Sementara mobil penumpang lebih ke arah kenyamanan sehingga jenis ban yang digunakan biasanya adalah ban radial,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Karakter ban bias dan radial saat menikungBambang Widjanarko Karakter ban bias dan radial saat menikung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan pengusaha atau pemilik kendaraan komersial memang lebih memilih jenis ban bias, karena dinilai lebih awet namun kontrusksinya lebih keras dibandingkan ban radial.

Selain itu, harga ban radial juga lebih mahal, bisa Rp 3 jutaan untuk satu ban. Maka dari itu, ban bias kerap jadi pilihan untuk kendaraan komersial.

Baca juga: Dengar Kata Para Ahli Soal Dampak Mobil Parkir di Bawah Terik Matahari

Namun, menurut Zulpata, saat ini sudah banyak produsen membuat ban truk atau bus dengan konstruksi radial, contohnya di PT. Gajah Tunggal.

“Sehingga untuk pengemudi atau penumpang kendaraan komersial bisa merasakan kenyamanan yang sama dengan mobil penumpang, serta yang tidak kalah penting umur pakai ban radial bisa dua kali lipat lebih lama dibanding ban konstruksi bias,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X