Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tantang Pencinta Balap Virtual di Ajang Gazoo Racing GT Cup

Kompas.com - 25/05/2021, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperkuat komitmen dunia motorsports di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Kompetisi Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 melalui platform virtual. Kompetisi berbasis e-Motorsport ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan usia mulai dari 18-30 tahun.

Peserta yang berminat mengikuti kompetisi ini secara online bisa menggunakan gaming simulator maupun gaming console, yaitu Playstation 4 (PS4). Sebelumnya, peserta wajib mendaftarkan diri melalui www.gazooracinggtcup.id pada 1 Juni 2021 mendatang.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 merupakan kompetisi e-Motorsports Toyota Global yang dihadirkan di Tanah Air dalam platform virutal dan akan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kompetisi ini diharapkan menjadi wadah seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki minat terhadap e-Sports, khususnya e-Motorsports, untuk unjuk kemampuan sekaligus membuka peluang tampil di ajang global.

Baca juga: Susul Rocky, Toyota Raize Resmi Lahir Bawa Varian Gazoo Racing

"Semoga kompetisi ini juga dapat turut mendukung sistem scouting atau pencarian pembalap muda bertalenta di Indonesia," ucap Anton dalam keterangan resminya, Senin (24/5/2021).

Toyota GR Yaris Toyota GR Yaris

Usai mendaftar, peserta akan berkompetisi di babak kualifikasi yang akan menyaring 20 pemenang dan dibagi dalam dua kelas, yakni Rookie untuk 10 peserta dan kelas Rising Star untuk 10 peserta guna melaju ke babak kompetisi berikutnya hingga babak final.

Peserta yang menang kompetisi nasional hingga babak final, akan lanjut ke tingkat regional pada Oktober 2021, dan jika menang lagi, maka berpeluang melaju ke kompetisi tingkat global pada Desember 2021.

Untuk bisa ikut di kompetisi global, selain keluar sebagai pemenang regional, peserta juga diwajibkan mengikuti setidaknya empat kualifikasi global, yaitu Round 3 Global Qualification (30 Mei), Round 4 Global Qualification (6 Juni), Round 5 Global Qualification (4 Juli), Round 6 Global Qualification (18 Juli), dan Round 7 Global Qualification (22 Agustus).

Baca juga: Tenaga Nyaris Dua Kali Lipat, Yaris Cross Racikan Toyota Gazoo Racing

"Dengan melibatkan e-Motorsports sebagai salah satu pilar kegiatan Toyota Gazoo Racing, kami secara aktif berupaya membuat olahraga bermotor dan mobil sport lebih mudah diakses dan dinikmati lintas generasi di seluruh dunia," ujar Marketing Director PT TAM Fumitaka Kawashima.

Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021TAM Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021

Toyota Gazoo Racing sendiri merupakan divisi motorsports Toyota yang bertanggung jawab meningkatkan performa mobil pda ajang balap. Mulai dari World Rally Championship (WRC), World Endurance Championship (WEC), dan Dakar Rally.

Divisi diisi para teknisi terbaik Toyota. Pengalaman dan data yang didapat dari arena balap, akan diolah sebagai acuan mengembangkan mobil baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com