Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menghindari Kecelakaan Saat Jumpa Bus Ngeblong

Kompas.com - 25/05/2021, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi bus menyalip kendaraan lain di jalan raya kerap dibilang sebagai ngeblong. Terkadang untuk ngeblong, bus biasanya mengambil jalur berlawanan dan kadang cukup ekstrem posisinya.

Sebagai pengemudi dari arah berlawanan bus, tentu saja pemandangan bus ngeblong ini menyeramkan. Bayangkan saja sebuah bus yang besar, dalam kecepatan tinggi tepat berada di depan mata.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, ketika bertemu dengan bus ngeblong, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengemudi agar bisa selamat.

Baca juga: Ingat Ada Bahaya Mengintai di Gerbang Tol, Jangan Salah Pilih Pintu

Bus ngeblongyoutube Bus ngeblong

“Caranya yang pertama adalah cek belakang lewat spion, karena bahaya lain ada di belakang. Jika aman, maka rem kuat-kuat sambil memerhatikan bahu jalan atau namanya escape way,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Setelah itu, cari escape way yang setidaknya paling aman dengan risiko kerugian yang minimal. Escape way bisa berupa bahu jalan, warung, halaman rumah, bahkan persawahan, segera belokkan kendaraan ke sana.

Baca juga: Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh sampai Kehabisan Bensin?

“Walaupun mobil kita lecet atau hancur karena menabrak pagar rumah orang, masih lebih baik daripada berbenturan dengan mobil dari arah lain,” ucapnya.

Memerhatikan bahu jalan walaupun sedang tidak berpapasan dengan bus ngeblong sangat perlu dilakukan. Hal ini tentunya bisa menjadi tempat menghindar jika sewahtu-waktu bertemu bus yang ngeblong dan sulit untuk menghindarinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com