Yakin Sudah Paham Cara Pasang Holder Ponsel yang Aman pada Motor?

Kompas.com - 25/05/2021, 13:01 WIB
Tatakan ponsel atau smartphone holder Kompas.com/DonnyTatakan ponsel atau smartphone holder

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara menggunakan sepeda motor, sangat berbahaya dan melanggar aturan apabila sambil menggunakan ponsel. Untuk itu, banyak yang menggunakan holder ponsel di motor.

Holder ponsel banyak digunakan ketika pengendara motor mencari sebuah lokasi menggunakan aplikasi peta. Sehingga, kedua tangan tetap berada di setang.

Selain itu, tidak perlu repot-repot untuk berkali-kali memasukkan dan mengeluarkannya dari saku atau tas. Holder ponsel ini biasanya banyak digunakan oleh para ojek online.

Baca juga: Apakah Menyimpan Powerbank atau Ponsel di Bagasi Motor Bisa Meledak

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, penggunaan holder ponsel memang ada kelebihan dan kekurangannya ketika digunakan pada motor.

"Kelebihannya, pengendara jadi lebih mudah jika melihat arah atau rute melalui maps. Sehingga perjalanan jadi lebih efektif," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tatakan ponsel atau smartphone holderKompas.com/Donny Tatakan ponsel atau smartphone holder

Untuk kekurangannya, menurut Agus, dapat mengurangi konsentrasi pengendara apabila penempatannya mengganggu penglihatan pengendara.

Dalam kamus safety riding, pengendara sepeda motor dituntut untuk fokus dan konsentrasi dalam menjalankan sepeda motor.

Agus mengatakan, jika ingin menambahkan holder ponsel, usahakan penempatannya tidak mengganggu pandangan pengendara. Lalu, gunakan alat yang memang sesuai untuk penggunaannya dan tentunya memiliki bahan yang kuat. Sehingga ponsel tidak mudah lepas dan terjatuh.

Baca juga: Jangan Main Ponsel Saat Isi Bahan Bakar, Ini Dampaknya

"Jangan menempatkan ponsel pada tatakan tersebut jika memang sedang tidak digunakan. Agar lebih aman dan tidak mengundang kejahatan. Gunakanlah ponsel pada situasi-situasi tertentu saja, agar tidak ketergantungan. Sehingga mata selalu melihat ke ponsel dan dapat mengurangi konsentrasi dan fokus dalam berkendara," kata Agus.

Agus menambahkan, selalu waspada jika ada gerak-gerik yang mencurigakan di sekitar lingkungan berkendara kita. Segera cabut ponsel dan simpan di tas, jaket atau saku agar lebih aman.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.