Dengar Kata Para Ahli Soal Dampak Mobil Parkir di Bawah Terik Matahari

Kompas.com - 25/05/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir mobil disarankan di tempat yang tidak kena matahari langsung. Ada beberapa alasan mengapa tidak baik parkir mobil di bawah terik matahari terlalu lama.

Christoper Sebastian, CEO kaca film Makko Group, mengatakan, suhu tinggi, udara panas, dan paparan sinar matahari secara langsung dapat memberikan efek buruk bodi mobil.

Baca juga: Aksi Berdiri di Atas Motor Berakhir Nyungsep

"Warna cat mobil akan kusam dan pudar bila sering terjemur sinar matahari dalam waktu yang relatif lama," kata Christoper kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Stefanus Yoga, dari Detailworks MotoSpa, di Bintaro, Jakarta Selatan, mengatakan, jika sering terpapar matahari saat mobil kotor, terutama setelah hujan akan cepat sekali membentuk waterspot (jamur).

"Sebab, panas matahari mempercepat proses oksidasi mineral," ujar Yoga, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan, sering parkir mobil di bawah terik matahari membuat lis karet pada daun pintu cepat rusak.

"Karena mobil yang teduh dari paparan sinar matahari terik membuat karet terutama di pintu tidak cepat kering dan bisa tahan lebih lama," kata Rafii dalam rilis resmi, Senin (24/5/2021).

Baca juga: Komunitas Mobil Listrik Koleksi, Siap Kawal Kebijakan Pemerintah

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan, parkir mobil di bawah sinar matahari llangsun akan memperpendek umur komponen yang berbahan dasar karet dan plastik.

Bahkan bukan hanya yang berada di eksterior tapi juga interior.

"Komponen plastik dan karet di eksterior yang paling terpengaruh, seperti lampu cepat kuning dan pudar, kemudian plastik hitam, kalau sering terjemur akan memudar dan timbul putih-putih," kata Suparna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.