Beda Perlakuan Kick Starter pada Motor Bebek, Sport, dan Skutik

Kompas.com - 25/05/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi kick starter Stanly/OtomaniaIlustrasi kick starter

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pabrikan masih menyematkan kick starter pada motornya, baik motor bebek, sport, atau motor matik. Sebagian lagi hanya mengandalkan electric starter.

Namun, banyak yang menganggap bahwa kick starter pada motor bebek dan motor sport, sama saja dengan motor matik. Sehingga, cara perawatannya juga dianggap sama.

Baca juga: Nyalakan Mesin Motor dengan Kick Starter Belum Tentu Bikin Hemat Aki

Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motor (DAM), Wahyudi, mengatakan, ada perbedaan kick starter untuk jenis motor sport dan bebek dengan motor matik.

Ilustrasi kick starter pada skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi kick starter pada skutik

"Kick starter yang jarang digunakan pada motor bebek atau sport tidak masalah. Sebab, posisi gigi transmisi berada di dalam bak oli, sehingga tidak akan macet dan mengganggu kinerja mesin," ujar Wahyudin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk tipe matik, menurut Wahyudin, karena gigi starter ditempatkan di ruang CVT yang menghasilkan debu akibat gesekan di CVT, maka debu bisa saja menempel di gigi starter. Akibatnya, bisa membuat macet karena grease kick starter terkontaminasi debu.

Baca juga: Biar Tidak Seret, Kick Starter Motor Jangan Cuma Jadi Hiasan

"Kick starter menjadi seret dan parahnya bisa kering grease tersebut. Sehingga, kick starter menjadi keras dan tidak bisa digunakan," kata Wahyudin.

Sebaiknya, komponen yang ada di dalam boks CVT dibersihkan setiap 8.000 km agar tidak terjadi penumpukan debu. Selain itu, kick starter juga sebaiknya rutin digunakan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X