Kompas.com - 13/04/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Puasa di bulan suci Ramadhan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Muslim. Puasa tidak menjadikan halangan untuk manusia tetap menjalalankan aktivitas dan rutinitas harian.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi orang yang berpuasa dan tetap menjalankan rutinitas seperti biasa, termasuk mengemudi, baik moibl atau sepeda motor.

Mengemudikan mobil atau motor ketika tengah berpuasa memang sedikit agak berbeda dengan bulan biasa. Paling utama, secara fisik sedikit mudah lelah karena asupan makan dan minum berkurang.

Baca juga: Naik Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Sekarang Sebut Tol Layang MBZ

Meski begitu, banyak hal yang bisa dilakukan agar tetap aman ketika di jalan raya. Salah satunya mengatur gaya mengemudi atau berkendara.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ketika puasa kemampuan spasial (untuk melihat kedalaman, jarak, kecepatan) menurun drastis, dan waktu reaksi menjadi lebih lambat.

Ilustrasi berkendara ISTIMEWA Ilustrasi berkendara

Belum lagi secara psikologis, orang yang sedang berpuasa juga cenderung kurang sabar dan mudah mengantuk karena waktu tidur berubah.

“Oleh karena itu perlu untuk mempersiapkan diri saat sahur dengan makanan yang tinggi serat dan asupan air yang cukup,” ucap Marcell belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Ketika menjelang siang, maka pengendara wajib melakukan power up atau tidur hanya 15 menit untuk memulihkan kembali tubuh agar kembali segar dan bisa berkonsentrasi maksimal.

Baca juga: Pahami Ini, Jalan Raya Bukan Arena Cornering

“Paling utama, pastikan memiliki mental dan pikiran positif, dengan itu tubuh tidak akan mudah lelah,” kata Marcell.

Sebaliknya Marcell menjelaskan, jika pengemudi memiliki pikiran negatif maka akan mudah emosi dan membuat tubuh menjadi mudah lelah serta meningkatkan perilaku yang berisiko tidak disiplin ketika berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.