Pahami Ini, Jalan Raya Bukan Arena Cornering

Kompas.com - 12/04/2021, 17:41 WIB
Pengendara motor yang jatuh karena cornering di jalan raya. Akun Instagram @makdes_21Pengendara motor yang jatuh karena cornering di jalan raya.

SOLO, KOMPAS.com - Aksi cornering atau menikung dengan kecepatan tinggi hingga posisi pengendara dan sepeda motornya miring masih sering terlihat di jalan raya.

Padahal jalan raya bukanlah sirkuit balapan. Aksi cornering di jalan raya tentu berisiko membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Baru-baru ini beredar cuplikan video kecelakaan tunggal akibat cornering yang diunggah akun instagram @infocegatansolo.

Baca juga: Bisakah Aplikasi SIM Online Dipakai untuk Membuat SIM Baru?

Pengendara motor yang kecelakaan akibat cornering ini terjatuh hingga ke jalur lawan arah. Beruntung tidak ada pengguna jalan lain yang ikut terlibat kecelakaan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Cegatan Solo (@infocegatansolo)

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, aksi menikung semacam ini meniru pembalap di sirkuit dan kerap memakan korban.

“Kasus cornering ini sebenarnya sudah sering terjadi dan banyak memakan korban. Kebanyakan dari mereka yang melakukan hal tersebut sebenarnya hanya ingin menyalurkan hobi balapnya, namun karena ketidakpahaman dan tempat yang memadai jadi disalurkan di jalan raya,” kata Agus kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bahaya Laten Saat Menyalip, Ada Pejalan Kaki Tiba-tiba Menyeberang

Agus juga menambahkan, cornering itu bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan. Harus ada pengawasan dari pihak profesional karena dalam melakukan cornering membutuhkan trik khusus.

Menyikapi fenomena ini, harusnya ada perhatian dari berbagai pihak baik pemerintah, aparat, dan masyarakat untuk memberikan edukasi mengenai bahaya cornering di jalan raya. Jalan raya merupakan aset publik bukan sirkuit balapan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X