Anubis Meluncur, Motor Listrik Lokal Bergaya Naked Adventure

Kompas.com - 13/04/2021, 07:02 WIB
Peluncuran motor listrik Anubis Cruisercross buatan Baran Energy Kompas.com/DonnyPeluncuran motor listrik Anubis Cruisercross buatan Baran Energy

JAKARTA, KOMPAS.com - Pilihan motor listrik semalin beragam dan berwarna. Di tengah-tengah gempuran motor listrik tipe skuter, hadir Anubis Cruisercross dengan tipe naked bike bergaya adventure.

Anubis merupakan motor listrik yang dikembangkan oleh Baran Energy, perusahaan baterai listrik dan otomotif lokal asal Indonesia. Motor listrik ini juga dibekali dengan teknologi yang futuristik.

Baca juga: Bikin Vespa 2-tak Jadi Motor Listrik Jadi Lebih Mudah Sekarang

CEO Baran Energy Victor Wirawan, mengatakan, peluncuran Anubis ini tidak hanya untuk memenuhi tingginya minat masyarakat terhadap motor listrik. Tapi, menjadi tonggak dan mengukuhkan posisi Baran Energy sebagai produsen motor listrik.

Peluncuran motor listrik Anubis Cruisercross buatan Baran EnergyKompas.com/Donny Peluncuran motor listrik Anubis Cruisercross buatan Baran Energy

Victor menambahkan, pemilihan nama Anubis terinspirasi dari nama dewa Mesir, yang memiliki spirit kesetiaan dan bisa menghantarkan ‘crossover’ ke tempat yang lebih baik.

“Semangat inilah yang membuat kami memilih nama Anubis untuk motor listrik kami, karena kami melihat era kendaraan bermesin bahan bakar fosil sudah akan berlalu tidak lama lagi. Kami ingin menyampaikan semangat perubahan, semangat transisi ke arah yang lebih baik, dan transisi dari mesin bakar ke motor listrik,” ujar Victor, saat sesi test ride di Sentul International Circuit, Bogor, Senin (12/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anubis Cruisercross dibekali dengan baterai 8,3 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 54 tk dan torsi 92 Nm.

Baca juga: Gesits Tak Gentar meski Motor Listrik Baru Bermunculan

Dengan on board charger 1,3 kW, pengisian baterai hingga penuh cukup 6,6 jam. Dalam kondisi baterai penuh, Anubis mampu menempuh jarak hingga 167 km.

Co-founder Baran Energy Ari Sigit Soeharto, mengatakan, kehadiran kendaraan listrik memang sudah masanya, mengingat semakin berkurangnya pasokan bahan bakar fosil.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menjajal motor listrik Anubis buatan Baran Energy di kawasan Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin (12/4/2021).Dokumentasi Humas Pemprov Jabar Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menjajal motor listrik Anubis buatan Baran Energy di kawasan Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin (12/4/2021).

“Hal itu seiring dengan tuntutan dan minat masyarakat yang semakin meningkat terhadap kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi,” kata Ari Sigit.

Anubis Cruisercross dibanderol Rp 300 juta off the road dan sementara hadir terbatas hanya 50 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.