Pesan Tiket Bus di Masa Pandemi, Manfaatkan Layanan Online

Kompas.com - 11/03/2021, 07:22 WIB
Calon penumpang mencari tiket bus tujuan Jawa Tengah di agen penjualan di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2013). KOMPAS / IWAN SETIYAWANCalon penumpang mencari tiket bus tujuan Jawa Tengah di agen penjualan di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2013).

SOLO, KOMPAS.com – Pada zaman yang sudah modern aktivitas apapun dapat dipermudah dengan adanya teknologi. Semuanya menjadi lebih praktis dan cepat, termasuk membeli tiket bus.

Metode online ticketing sudah diterapkan oleh berbagai perusahan otobus (PO) di Indonesia, salah satunya PT. Rosalia Indah Transport.

Inovasi tersebut dibuat agar konsumen dapat dengan mudah memilih armada, tempat duduk, dan juga jadwal keberangkatan sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Baca juga: Tak Bawa Surat Hasil Rapid Antigen ke Puncak, Siap-siap Putar Balik

“Tiket sendiri di Rosalia bisa dipesan melalui offline dan online, kalau offline bisa langsung ke loket tiket ataupun agen terdekat. Tapi lebih enak online, bisa dari web-nya Rosalia atau bisa download aplikasinya buat pemesanan," ujar salah satu pegawai Rosalia Indah Transport, Selasa (9/3/2021).

Menu utama aplikasi pemesanan tiket bus AKAP, Jaketbus.Screenshot Menu utama aplikasi pemesanan tiket bus AKAP, Jaketbus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dasarnya sudah banyak perusahaan bus yang menggunakan sistem tiket online. Selain Rosalia Indah perusahan bus yang dapat melakukan pembelian tiket online antara lain, Lorena, Pahala Kencana, Borlindo, Primadona, Harapan Jaya, dan Sudiro Tungga Jaya.

Baca juga: Piston Honda PCX 160 Bermasalah Dibawa ke AHASS, Langsung Ganti Baru

Perusahaan otobus biasanya menjual tiket secara online melaui web resmi mereka. Selain dapat memesan tiket secara daringdalam situs resmi juga dapat dilihat fasilitas yang akan penumpang dapatkan dalam kelas tertentu, berapa jumlah kursi yang kososng, serta dapat melihat armada yang akan mereka pilih.

Selain dari web resmi, ada perusahan yang telah mengembangkan aplikasi pemesanan tiket online sendiri. Biasanya aplikasi tersebut digunakan untuk mempermudah pemensanan tiket bus melalui ponsel.

Baca juga: Video Viral Biaya Servis Mercy G-Class Tembus Rp 90 Jutaan, Ganti Kampas Rem Saja Rp 18 Juta

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

Ada juga perusahaan bus yang dapat melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi whatsapp yang biasanya akan terhubung dengan agen dari bus tersebut. Untuk pembayarannya bisa dilakukan dengan cara transfer.

Metode penjualan tiket  dirasa cukup memudahkan penumpang apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X