Kompas.com - 10/03/2021, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan masih sering mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Pemilik mobil harus rajin mencuci untuk menjaga kondisi eskterior, terutama bagian kolong.

Walaupun bagian kolong maupun bodi sudah dilapisi anti karat, namun tak ada salahnya menjaga kondisinya agar selalu bersih.

Sebab karat cepat atau lambat bakal menyerang, mengingat di bagian tersebut rata-rata menggunakan material berbahan dasar besi, terutama untuk area sepatbor dan sasis.

Baca juga: Video Viral Biaya Servis Mercy G-Class Tembus Rp 90 Jutaan, Ganti Kampas Rem Saja Rp 18 Juta

Pakai penggerak 4x4 gardan dan kolong mobil bersih tanpa kotoran. Stanly/Otomania Pakai penggerak 4x4 gardan dan kolong mobil bersih tanpa kotoran.

“Bagian kolong mobil tidak terlihat, padahal kotoran seperti pasir atau sampah dari genangan air dapat menempel,” ujar Samsudin, National Technical Advisor PT Astra International – Peugeot, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com (9/3/2021).

“Efeknya dapat menimbulkan karat, walaupun pabrikan sudah melapisi dengan anti karat." kata dia.

Untuk diketahui, air hujan memiliki kadar PH di bawah 5 atau 6. Sedangkan kadar PH yang netral berada di angka 7.

Baca juga: Adu Kenyamanan Bus Eksekutif, Big Top atau Luxury Jakarta - Solo

Cuci kolong mobil saat musim hujanSetyo Adi/Otomania Cuci kolong mobil saat musim hujan

Membiarkan sisa air hujan yang menempel dan terkena udara berpotensi menimbulkan karat. Lantas, bagaimana cara mudah untuk menghindari karat pada bagian kolong mobil?

“Untuk menghindari karat dan memperpanjang usia pakai kendaraan, cara paling mudah setelah mobil kehujanan yaitu sering-sering dibilas air bersih. Terutama di area sekitar sepatbor dan kolong mobil jika memang masih dapat dijangkau," ucap Samsudin.

Sebaiknya saat membersihkan sepakbor dan kolong mobil menggunakan air bertekanan tinggi.

Baca juga: Tesla Tidak Batal Investasi di Indonesia, tetapi Bukan Bikin Pabrik Mobil

Cuci kolong mobilautobild.co.id Cuci kolong mobil

 

Selain itu bersihkan juga bagian pelek, kaliper dan cakram rem karena pasir yang menempel pada rem akan mengganggu kinerjanya.

Bila menumpuk atau sulit dibersihkan, sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil yang menyediakan fasilitas cuci bagian kolong. Biasanya tempat cuci mobil ini dengan menggunakan alat hidrolik sebagai pendukungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.